Calo Masih Bertebaran, Pemudik Diminta Beli Tiket Resmi

Oktaviani Satyaningtyas & Yeremia Natanael, CNN Indonesia | Senin, 04/07/2016 15:12 WIB
Calo Masih Bertebaran, Pemudik Diminta Beli Tiket Resmi Pemudik diminta untuk membeli tiket kereta api maupun bus di agen resmi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengimbau para pemudik tak membeli tiket moda transportasi itu melalui jasa perseorangan karena tak akan bisa digunakan oleh pengguna jasa.

Manajer Senior Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Bambang S Prayitno mengatakan pihaknya mengimbau agar tak membeli tiket perseorangan karena tidak akan dapat dipakai oleh pengguna jasa.

"Kami mengimbau calon penumpang agar tidak membeli tiket melalui jasa perorangan karena hal tersebut adalah upaya penipuan," ujar Bambang di Stasiun Pasar Senen, Senin (4/7).


Dia memaparkan perseroan itu tidak bekerjasama dengan jasa perseorangan, melainkan bekerjasama dengan agen-agen resmi, mini market dan sumber distribusi eksternal lainnya.

Terpisah, Kepala Regu Petugas Terminal Bus Lebak Bulus Jamal Shodik menyatakan pihaknya mengakui adanya calo di sekitar terminal. Dia menuturkan hal itu tak dapat dicegah.

Walaupun demikian, sambungnya, Dinas Perhubungan akan menindak tegas para calo yang memaksa penumpang. "Yang terpenting mereka (calo) tidak memaksa para penumpang. Kami tetap arahkan untuk membeli di agen resmi," ujar Jamal di Terminal Bus Lebak Bulus, Senin (4/7).

Di sisi lain, dia menambahkan, terdapat penambahan jumlah pemudik di terminal tersebut dibandingkan dengan tahun lalu. (asa)