Polisi Tetap Tilang Peserta Takbir Keliling Pelanggar Aturan

Martahan Sohuturon, CNN Indonesia | Rabu, 06/07/2016 06:42 WIB
Polisi Tetap Tilang Peserta Takbir Keliling Pelanggar Aturan Polisi akan tetap menilang peserta takbir keliling yang melanggara aturan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya, Inspektur Jenderal Moechgiyarto, meminta masyarakat yang akan merayakan malam takbiran dengan berkeliling dan berkonvoi di jalanan ibu kota untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas. Pengendara motor harus menggunakan helm dan tidak boleh berboncengan hingga melebih kapasitas.

"Mereka yang takbiran keliling harus mematuhi peraturan lalu lintas. Kalau tidak mau tertib, tidak usah takbir keliling," kata Moechgiyarto usai memimpin apel persiapan malam takbiran di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta pada Selasa (5/7).

Polisi memberi perhatian khusus pada perayaan malam takbiran tahun ini. Menurutnya, polisi tidak mau peristiwa yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat terjadi.


Selain masalah lalu lintas, Moechgiyarto juga meminta jajarannya untuk mengantisipasi bahaya dari penggunaan petasan dan kembang api. Menurutnya, kedua hal itu bisa menimbulkan kebakaran dan tawuran antarwarga.

"Dengan demikian, diharapkan malam takbir, Idul Fitri, dan setelahnya, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat dapat terus terpelihara dan terjaga dengan baik," katanya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat yang akan merayakan malam takbiran dengan berkeliling dan berkonvoi di jalanan ibu kota memberi tahu aparat kepolisian lebih dahulu sebelum melangsungkan kegiatan itu.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Awi Setiyono, menyampaikan pemberitahuan tersebut akan mempermudah polisi untuk melakukan pengawalan dan pengawasan.

"Polisi tidak melarang umat muslim takbir keliling, tapi kami imbau sebelum kegiatan itu dimulai memberi tahu dulu ke kepolisian sektor atau resort setempat," kata Awi.

Dia mengatakan, polisi nantinya akan mengawal seluruh takbir keliling yang diselenggarakan warga ibu kota. Polisi tidak mau aksi tawuran malah menghiasi kegiatan yang diselenggarakan untuk menyambut hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah itu. (sur/sur)