Kartu Lebaran ala Anies Baswedan

Riva Dessthania Suastha, CNN Indonesia | Rabu, 06/07/2016 19:00 WIB
Kartu Lebaran ala Anies Baswedan Anies Baswedan memilih ucapan melalui kartu Lebaran yang dibuatnya sendiri. (CNN Indonesia/Yohannie Linggasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anies Baswedan masih terpaku untuk menuliskan kalimat-kalimat pilihan di ruang kerjanya pada siang itu. Ada tumpukan kertas dan amplop di mejanya.

"Ini kartu Lebaran. Lagi saya selesaikan untuk dikirim ke kolega dan keluarga saya," kata Anies saat ditemui CNNIndonesia.com pada Jumat (1/7).

Dia mengatakan menulis kartu Lebaran merupakan kebiasaan yang rutin dilakukan sejak lama. Menurutnya, kebiasaan tersebut punya sifat lebih personal. Ini, tentu, dibandingkan dengan ucapan pada layanan pesan singkat atau pesan instan di media sosial.


Dia mengatakan menuliskan ucapan di kartu itu menjadi sarana untuk mempererat hubungan keluarga dan sahabat.

"Kartu lebaran yang saya kirim ini spesial, karena saya bersama istri dan anak-anak saya yang buat langsung," ujarnya.

Anies pun memperlihatkan salah satu kartu Lebaran buatannya. Ada foto dirinya bersama istri dan anak-anaknya di sampul depan.

Kartu lebaran ini, tutur Anies, memang bukan sekedar kartu ucapan biasa. Di dalamnya terdapat rangkaian tulisan yang dia buat sendiri. Selain ucapan Lebaran, dia memang biasa membubuhkan cerita singkat soal keluarganya. Terutama empat anaknya.

"Saya tuliskan juga perkembangan anak-anak saya, Tia, Mikail, Kaisar, dan si bungsu Ismail," tutur Anies.

Kebiasaan menulis kartu Lebaran ini dimulai ketika dia menempuh studi S2 dan S3 di Amerika Serikat pada 1990-an. Karena jauh dari keluarga, Anies kerap mengirimkan surel berisikan foto, kabar, dan ucapan lebaran kepada sanak keluarga dan teman-temannya di Indonesia.

Selain itu, Anies menuturkan, dirinya belum tentu bisa menyambangi kediaman ibundanya di Yogyakarta. Apalagi hari ini. Sejak dirinya mengemban jabatan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada 2014.

"Biasanya kami keluarga besar mudik ke Jogja. Tapi tahun ini ibu yang datang ke Jakarta. Saya dan adik-adik kesulitan untuk pulang,” katanya.

Anies menyatakan momen berkumpul saat Lebaran pun menjadi terasa lebih spesial. Ini karena ibu dan istrinya selalu menyuguhi hidangan favoritnya. ''Saya sangat suka lontong, gulai, dan pencok," kata Anies, sambil tertawa. "Itu menu Lebaran favorit saya." (asa)