Jokowi Ziarah ke Makam Ayahnya

Abraham Utama | CNN Indonesia
Kamis, 07 Jul 2016 17:07 WIB
Jokowi berziarah ke makam ayah dan kakeknya di Karanganyar, Jawa Tengah. Ia lantas bercerita tentang pengalamannya berziarah kubur saat belum menjadi presiden. Jokowi berziarah ke makam ayah dan kakeknya di Karanganyar, Jawa Tengah. Ia lantas bercerita tentang pengalamannya berziarah kubur saat belum menjadi presiden. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo berziarah ke makam ayah dan kakeknya di Tempat Pemakaman Umum Krangan, Kamis (7/7). Pemakaman tersebut berada sekitar satu kilometer dari Balai Desa Krangan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jokowi berziarah ke makam orangtuanya setelah membagikan ribuan paket sembago kepada masyarakat di kecamatan tersebut.

"Dulu saya kalau datang ke sini dari Solo, saya harus naik bus lewat Kebakkramat. Lalu saya berjalan kaki, naik getek (perahu bambu untuk menyeberangi sungai) Bengawan Solo," ujarnya seperti dilansir Antara.
Kakek Jokowi bernama Lamidi Wiryo Miharjo. Semasa hidupnya, Lamidi pernah menjabat Kepala Desa Krangan dan kerap dipanggil Lurah Dongkol.

Adapun, ayah Jokowi bernama Noto Miharjo. Jokowi merupakan anak anak sulung dari empat bersaudara, hasil pernikahan Noto dan Sudjiatmi.

Tatkala mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta tahun 2012 silam, Jokowi pernah memperkenalkan anggota keluarganya kepada publik. Tiga adik perempuan Jokowi bernama Iit Sriyantini, Ida Yati dan Titik Relawati.

Di makam ayah dan kakeknya, Jokowi didampingi beberapa kerabat. Mereka terlihat berdoa bagi keduanya.

Jokowi menghabiskan hari kedua lebaran tahun 2016 di kampung halamannya, Surakarta. Sebelumnya, ia merayakan Idul Fitri di Padang, Sumatera Barat.

Berdasarkan informasi, usai ziarah ke makam orangtuanya, Jokowi pulang ke rumah pribadinya di Kelurahan Sumber, Banjarsari.
(abm/abm)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER