Pertamina Siagakan 'SPBU Berjalan' di Titik Macet Arus Balik

Martahan Sohuturon, CNN Indonesia | Kamis, 07/07/2016 19:11 WIB
Pertamina Siagakan 'SPBU Berjalan' di Titik Macet Arus Balik Kendaraan antre pengisian bahan bakar minyak bbm di SPBU jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Senin (4/7). Meningkatnya volume kendaraan di jalur Pantura dan tol Pejagan-Brebes Timur, mengakibatkan sebagian SPBU kekurangan stok BBM. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Pertamina (Persero) meyiapkan mobil dispenser untuk pengisian bahan bakar minyak kendaraan yang akan menjalani arus balik lebaran. Mobil tersebut akan disiagakan di berada pada titik-titik kemacetan.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Puponegoro, mengatakan 'stasiun pengisian bahan bakar berjalan itu' menyediakan premium dan pertamax. Masing-masing mobil dispenser menampung enam ribu hingga 16 ribu liter BBM.

"Mobil dispenser akan berada di pintu masuk Tol Brebes, pertigaan Brebes-Pejagan dan di daerah padat kendaraan, termasuk di pintu Tol Cipali," ujarnya di Jakarta, Kamis (7/7).


Selain mobil dispenser, Wianda berkata, Pertamina juga akan menjual pertamax dalam kemasan. Pemudik, kata dia, dapat membeli produk itu di SPBU, baik yang berada di jalan raya maupun tempat peristirahatan (rest area) di sepanjang jalan tol.

"Masing-masing kemasan sekitar 10 liter. Kami berharap para pemudik dapat melakukan perjalanan secara lancar," ujarnya.

Wianda menyebut perusahaannya telah berkoordinasi dengan Korps Lalu Lintas Polri untuk menjaga persediaan BBM saat arus balik lebaran nanti.

Pertamina bersama polisi akan mengawal mobil tangki BBM, sejak dari terminal BBM ke SPBU. Wianda berkata, kepolisian juga akan mengawasi pembelian BBM dengan jeriken.

Menurut Wianda, pedagang BBM eceran yang menjual dengan harga tinggi justru kerap menimbulkan kemacetan di beberapa titik.

"Setidaknya 16 SPBU, seperti yang berada di Tegal dan Brebes, diserbu banyak pedagang eceran. Kami minta pengawalan khusus di SPBU itu agar masyarakat bisa mengisi BBM dengan nyaman," ujarnya.

Pada arus mudik lalu, banyak kendaraan dilaporkan kehabisan bahan bakar di Tol Pejagan ke arah Brebes. Kendaraan kehabisan BBM lantaran macet panjang hingga beberapa jam. Akibatnya, kemacetan di Tol Pejagan bertambah panjang.

"Imbas banyaknya kendaraan yang mogok akibat kehabisan bahan bakar, #Lalin di Tol Pejagan arah Brebes padat cenderung tidak bergerak," demikian kicau akun resmi Trafick Management Center Polda Metro Jaya.
(abm/abm)