Soal Jatah Menteri, PAN Klaim Tak Ada Intervensi

Raja Eben Lumbanrau, CNN Indonesia | Rabu, 27/07/2016 10:18 WIB
PAN tidak melakukan intervensi, trik, atau cara lainnya dengan tujuan agar kadernya terpilih menjadi menteri dalam Kabinet Presiden Joko Widodo. Sekretaris Fraksi PAN Yandri Susanto (kanan) mengatakan belum mengetahui apakah ada kader PAN yang akan menjadi menteri di kabinet Jokowi. Yandri pun tidak mau berkomentar mengenai kelayakan Asman Abnur (kedua dari kiri) jika menjabat sebagai Menteri PAN dan RB. (CNNIndonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo diisukan akan mengganti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dari tangan politisi Partai Hanura Yuddy Chrisnandi ke Politisi dari Partai Amanat Nasional Asman Abnur.

Menanggapi isu tersebut, politisi PAN yang menjabat anggota Komisi V DPR Ahmad Bakri menjelaskan, PAN siap menerima semua keputusan yang ditetapkan Jokowi.

"Apapun keputusannya, itu semua diputuskan dan ditetapkan presiden, itu hak preogratif presiden. Siapapun anak bangsa diminta bantu presiden harus siap. PAN pun siap," kata Bakri saat dihubungi Rabu (27/7).


Bakri menegaskan, PAN tidak melakukan intervensi, trik, atau cara lainnya dengan tujuan agar kadernya terpilih menjadi menteri.

"Jadi tidak ada intervensi atau trik dari PAN," katanya.

Jika memang Asman terpilih, menurut Bakri, pasti telah melalui uji, pertimbangan, dan layak menduduki posisi tersebut.

Presiden Jokowi memilih seseorang menjadi pembantunya pasti telah melalui pertimbangan yang matang terkait kemampuannya dalam memimpin dan bekerja.

"Orang dijadikan menteri itu dipanggil dulu. Insya Allah ada kader PAN dipanggil. Alhamdulilah jika ada yang ikut serta bantu presiden," katanya.

Ketua DPP PAN yang juga menjabat sebagai anggota Komisi II DPR Yandri Susanto belum mau berkomentar mengenai isu Asman Abnur menjadi Menteri PAN dan RB.

"Ini masih isu. Jadi kalau benar ada reshuffle kita tunggu saja. Itu hak preogratif presiden apakah PAN diajak atau tidak," katanya.

Sekretaris Fraksi PAN tersebut menegaskan, sampai saat ini PAN belum mengetahui apakah ada kadernya yang akan menjadi menteri di kabinet Jokowi. Yandri pun tidak mau berkomenter mengenai kelayakan Asman jika menjabat sebagai Menteri PAN dan RB.

"Saya belum bisa komentar, kan (Asman) belum dilantik," katanya.

Asman Abnur adalah anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kepulauan Riau. Asman memulai karir politiknya menjadi anggota DPRD Kota Batam tahun 2001.

Kemudian, ia menjabat sebagai Wakil Walikota Batam dari 2001 hingga 2004. Lalu, Asman menjadi anggota DPR RI dari 2004 hingga sekarang (tiga periode).

Saat ini, Asman menjadi anggota DPR Komisi XI yang membidangi isu terkait tenaga kerja dan transmigrasi, kependudukan, dan kesehatan.


(rel/rel)