LIVE REPORT

Presiden Jokowi Rombak Kabinet Lagi

Christie Stefanie, Abraham Utama, CNN Indonesia | Rabu, 27/07/2016 10:58 WIB
Untuk kedua kali Presiden Joko Widodo merombak kembali kabinetnya. Beberapa menteri diganti dan digeser. Presiden Jokowi berencana mengumumkan susunan kaibet baru di Istana Kepresidenan. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo merombak kembali kabinetnya, Rabu (27/7). Sejumlah menteri diganti dan ada juga yang digeser dari posnya. Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebut  kurang lebih 12 jabatan yang mengalami perubahan.

CNNIndonesia.com melaporkan langsung pengumuman perombakan kabinet ini dari Istana Kepresidenan bersama Christie Stefanie dan Abraham Utama.


11.44


Sesi perkenalan menteri baru selesai. Mereka kembali masuk ke Istana Merdeka. Seskab Pramono Anung berkata, para menteri baru akan berbicara kepada publi setelah pelantikan siang nanti.

11.43


Asman Abnur diharapkan membawa perubahan Kementerian PANRB. Pram berkata, Asman akan banyak berkoordinasi dengan Sekretaris Kabinet.

11.38

Enggartiasto Lukito, kata Pram, diberikan beban menangani beban komoditas pangan yamg jadi perhatian Presiden Jokowi. Ia menyebut Enggar sebagai kawan lama yang punya banyak pengalaman politik.

11.34

Seskab Pramono Anung menyebut Wiranto teruji menyelesaikan penugasan penting terutama saat transisi Orde Baru ke era reformasi. "Tidak perlu diperkenalkan lebih lanjut," ucapnya.

Reshuffle Kabinet Jilid II. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
11.33

Eko Putro Sanjoyo disebut Pratikno disebut mempunyai pengalaman di pembangunan perdesaan dan pengembangan kewirausahaan.

11.32

Pratikno memperkenalkan Archandra Tahar. Ia berkata, Archandra mempunyai reputasi dan tercatat sebagai profesional yang memiliki kelas dunia.

"Dia sudah lama di Amerika Serikat dan akhirnya kembali ke tanah air," ucap Pratikno.

11.28
Mensesneg Pratikno mengatakan Menteri Keuangan Baru Sri Mulyani sangat teruji di berbagai penugasan di bidang ekonomi dan keuangan. Dia juga memiliki jaringan dan dipercaya di tingkat internasional. 

11.12 WIB.

Presiden Jokowi menyatakan harus menjawab segala tantangan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat. Kecepatan kita adalah bertindak yang langsung dirasakan oleh rakyat, dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

Presiden Jokowi mengumumkan kabinet barunya:

Menkopolhukam : Wiranto
Menko Maritim : Luhut B. Panjaitan
Mendiknas : DR. Muhajir - Mantan Rektor Univ Muhammadiyah Malang
Mendag : Enggartiasto Lukito
Menteri Agraria : Sofyan Djalil
Menteri Perindustrian : Airlangga Hartarto (Golkar)
Menhub : Budi Karya Sumadi
Menteri ESDM : Candra Tahar (alumni ITB/USA)
Menpan RB : Asman Abnur (PAN)
Kepala BKPM : Thomas Lembong
Menkeu : Sri Mulyani Indrawati
Menteri PPN/Kepala Bappenas : Bambang Brodjonegoro
Menteri Keuangan: Sri Mulyani Indrawati

11.00 WIB.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno terlihat di Istana Merdeka. Sejumlah petugas menyiapkan tata suara untuk pengumuman Presiden Joko Widodo terkait perombakan kabinet. Podium dan sebanyak 16 kursi telah tersedia di teras belakang Istana Merdeka.


10.59 WIB.

Suasana di lingkungan Istana Kepresidenan menjelang siang tampak berbeda. Panggung persiapan sudah terlihat disiapkan.

10.55 WIB.

Pada pukul 10.18 Jokowi mencuit rencana perubahan kabinet. "Kabinet baru akan segera diumumkan. Dukungan rakyat sangat penting untuk keberhasilan pemerintah. - JKW - "

cuitan Presiden Jokowi


(obs/obs)