Jokowi Belum Berikan Saran kepada PDIP soal Pilkada Jakarta

Gloria Safira, CNN Indonesia | Sabtu, 13/08/2016 05:53 WIB
Jokowi Belum Berikan Saran kepada PDIP soal Pilkada Jakarta PDIP masih menunggu masukan Jokowi terkait tokoh yang sepatutnya mereka usung pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2017. (ANTARA FOTO/Wira Suryantala)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan belum memutuskan tokoh yang akan mereka usung pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2017. Petinggi partai berlambang kepala banteng itu masih menunggu saran Presiden Joko Widodo yang berstatus sebagai kader mereka.

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Eriko Sotarduga mengatakan, Jokowi hingga saat ini belum memberikan masukan terkait langkah politik yang sepatutnya diambil PDIP pada Pilkada DKI Jakarta tahun depan.

"Bagaimana pun, dia tentu akan memberikan tanggapan. Kami harus mendengar secara keseluruhan," ujar Eriko usai bertamu ke rumah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jakarta, Jumat (12/8).


Eriko menuturkan, saran Jokowi nantinya akan dibawa ke rapat Dewan Pimpinan Pusat PDIP.
Meski demikian, Eriko menyebut partainya saat ini lebih mengutamakan strategi politik untuk pemilihan gubernur Banten dan pemilihan wali kota Jayapura yang akan berlangsung tahun 2017.

Pemilihan gubernur Jawa Timur yang baru digelar tahun 2018, kata Eriko, juga menjadi prioritas PDIP sekarang.

Terkait Pilkada DKI Jakarta, Eriko mengatakan, PDIP masih mempertimbangkan dukungan untuk gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Biasanya (pengumuman) pencalonan kami, seperti periode lalu, tidak akan terlalu jauh dari batas pendaftaran," ucap Eriko.
(abm/abm)