Polisi Amankan 2 Kg Sabu di Dumai, Riau

Giras Pasopati, CNN Indonesia | Sabtu, 20/08/2016 22:30 WIB
Polisi Amankan 2 Kg Sabu di Dumai, Riau Sabu 2 kilogram ini diamankan dari tas milik tersangka ketika menumpangi bus angkutan tujuan Medan di jalan lintas Dumai-Rokan Hilir pada Jumat (19/8) malam. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Satuan Reserse Narkoba Polres Dumai, Riau, berhasil mengamankan narkotika jenis sabu sabu seberat 2 kilogram dari seorang diduga kurir berinisial S alias A.

Seperti dilansir dari kantor berita Antara, Kepala Polres Dumai AKBP Donald H Ginting mengatakan, penangkapan tersebut dilakukan di Jalan Gatot Subroto, Dumai pada Jumat (19/8).

Ia menjelaskan, tersangka S alias A merupakan warga Stabat, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara dan berprofesi sebagai pekerja las. Donald menerangkan, S membawa sabu dan mengemasnya dalam teh merk Guanyinwang.


"Sabu 2 kilogram ini kita amankan dari tas milik tersangka ketika menumpangi bus angkutan tujuan Medan di jalan lintas Dumai-Rokan Hilir Jumat malam," kata Donald, Sabtu (20/8).

Donald menjelaskan, sabu-sabu asal Malaysia tersebut dibawa masuk ke Dumai oleh tersangka melalui jalur pelabuhan tidak resmi. Tersangka menggunakan kapal speedboat dan selanjutnya akan dibawa ke Sumatera Utara.

Lebih lanjut, menurutnya pelaku sempat berkilah bahwa tas sandang yang berisi sabu tersebut bukan miliknya. Alasannya, S meletakkan barang tersebut di bagasi dalam bus yang tidak sesuai dengan nomor tempat duduknya.

"Saat dilakukan penangkapan, tersangka sempat berkilah tas yang berisikan dua paket besar sabu itu bukan miliknya karena ditemukan bukan berada di bagasi kursinya nomor 6c, melainkan di bangku lain di dalam bus tersebut," jelas Donald.

Demi melancarkan aksinya, lanjut Donald, tersangka S alias A ini memakai nama lain untuk pemesanan tiket kursi bus nomor 3c, dan selama di perjalanan dia duduk di bangku 6c, sedangkan tas yang memuat barang bukti sabu ditaruh di bagasi 4c.

"Untuk memastikan tas miliknya, bus dan seluruh penumpang melakukan reka ulang di kantor Polres Dumai dan akhirnya diketahui sabu milik tersangka berdasarkan pengakuan dari penumpang," ujarnya.

Donald mengatakan, demi kepentingan lebih lanjut, tersangka bersama barang bukti dua paket besar sabu, satu unit telepon genggam dan lainnya, kini sudah diamankan di Markas Polres Dumai. (Antara/gir)