Pesawat Cessna Tergelincir di Kabupaten Puncak Papua

Abraham Utama, CNN Indonesia | Kamis, 13/10/2016 10:26 WIB
Pesawat Cessna Tergelincir di Kabupaten Puncak Papua Ilustrasi (Arpingstone/Wikipedia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pesawat jenis Cessna milik Asia One Air yang mengangkut sembako tergelincir di Lapangan Terbang Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (13/10). Tidak ada korban jiwa pada kecelakaan tersebut.

Melansir Antara, pesawat itu terbang dari Timika. Ketika mendarat di Ilaga, pesawat tergelincir sehingga sayap bagian kiri rusak.

Kapolres Puncak Jaya AKBP Hotman Hutabarat membenarkan peristiwa tersebut. Ia mengatakan, pesawat yang dikendarai pilo Zahron dan co-pilot Stevanus itu hanya membawa bahan makanan dan tidak mengangkut penumpang.


Sementara itu, Kementerian Perhubungan menutup aktivitas penerbangan di Ilaga. Pesawat Cessna berkode penerbangan PK-LTV yang tergelincir masih menutup landasan pacu.

Penutupan bandara berlaku sejak pukul 7.49 hingga 10.30 WIT.

Pada 22 September lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Samadi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Puncak. Kedatangannya merupakan bagian dari persiapan proyek tol udara di Puncak.

Selama ini, Puncak hanya dapat diakses melalui jalur udara. Budi berkata, kondisi geografis adalah kendala utama bagi pemerintah setempat.

Mengutip situs Pemkab Puncak, landasan pacu di Bandara Ilaga hanya memiliki panjang 600 meter. Pemerintah berencana memanjangkan landasan itu menjadi 1.600 meter agar pesawat jenis ATR dan hercules dapat mendarat di lapangan terbang itu. (abm/asa)