Demo Ahok, Ruhut Sitompul Sebut Amien Rais Salah Langkah

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Senin, 17/10/2016 19:38 WIB
Demo Ahok, Ruhut Sitompul Sebut Amien Rais Salah Langkah Juru bicara tim pemenangan Ahok-Djarot, Ruhut Sitompul menyebut Amien Rais telah salah langkah setelah mengikuti aksi demo terhadap Ahok pada Jumat pekan lalu. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ruhut Sitompul angkat bicara soal keikutsertaan politikus Partai Amanat Nasional, Amien Rais, dalam demonstrasi terhadap Basuki Tjahaja Purnama, Jumat pekan lalu. Ruhut yang menjabat sebagai juru bicara tim pemenangan Ahok-Djarot di Pilkada DKI Jakarta itu menyebut Amies telah salah langkah.

Ribuan warga yang mayoritas beragama Islam mendemo Basuki alias Ahok karena diduga melakukan penistaan agama melalui ucapannya yang mengutip surat Al-Maidah ayat 51, beberapa waktu lalu.

Menurut Ruhut, isu suku, agama, ras, dan antargolongan tidak dapat mempengaruhi pilihan warga Jakarta yang ia anggap sudah cerdas dalam menentukan pilihannya.


"Amien Rais itu selalu salah langkah. Karena itu namanya Amien Rais, kalau tidak begitu bukan Amien Rais," ujar Ruhut saat dihubungi wartawan, Senin (17/10).

Ruhut yang juga kader Partai Demokrat ini menduga keikutsertaan Amien dalam demo lantaran Ketua Dewan Kehormatan PAN itu iri dengan kinerja Ahok dan Djarot Saiful Hidayat sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.

Ia pun mengingatkan agar Partai Demokrat, PPP, PKB, dan PAN selaku pengusung bakal pasangan calon Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, untuk berhati-hati setelah tindakan Amien pekan lalu.

"Ya itu lah, aku bilang hati-hati, karena bakal berpengaruh terhadap suara Agus-Sylvi setelah Amien datang demo kemarin," kata Ruhut.

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais yang juga putra Amien membantah jika keikutsertaan orang tuanya dalam demonstrasi akhir pekan lalu sebagai upaya politisasi.

Menurut Hanafi, kehadiran ayahnya dan ribuan demosntran lain murni mengenai isu penistaan agama dan bukan bentuk politisasi.

"Ya saya kira bukan politis. Yang dilakukan oleh para demonstran sudah jelas, ada landasan hukumnya, ada landasan UU-nya soal penistaan agama," kata Hanafi di Gedung DPR, Jakarta.

Sebelumnya, Amien terlihat ikut turun ke jalan bersama massa "Aksi Bela Islam" mendatangi kantor Badan Reserse Kriminal Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (14/10).

Mereka menuntut agar Ahok dihukum seberat-beratnya terkait kasus dugaan penistaan agama.

Amien yang berada di tengah-tengah massa ikut menyampaikan orasi. Dia meminta agar polisi segera menindaklanjuti laporan masyarakat atas pernyataan Ahok.

"Pak Kabareskrim segera proses hukum Ahok dipercepat," kata Amien. (wis/obs)