Aksi Putih Anti Ahok

Mohammad Safir Makki, CNN Indonesia | Jumat, 04/11/2016 17:32 WIB

Jakarta, CNN Indonesia --

Puluhan ribu demonstran dari pelbagai organisasi massa Islam melakukan aksi damai terkait dugaan penistaan agama oleh Gubernur Ahok.

Puluhan ribu demonstran menunggu aksi di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Jumat (4/11). Mereka melakukan aksi damai terkait dugaan penistaan agama oleh Gubernur Ahok (CNN Indonesia/Safir Makki)
Sebelum melakukan aksi demonstrasi, mereka menunaikan salat Jumat bersama. Beberapa titik yang dijadikan lokasi salat adalah Masjid Istiqlal, jalanan di sekitar Istiqlal dan kawasan Silang Monas. (CNN Indonesia/Denny Aprianto)
Mereka yang tidak kebagian tempat di Masjid Istiqlal, melakukan ibadat di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Jumat, 4 November 2016. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Kaum hawa pun tidak ketinggalan menunaikan salah Zuhur sebelum melakukan aksi damai terkait dugaan penistaan agama oleh Gubernur Ahok. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Demonstran yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI itu mengambil poster yang disediakan untuk aksi damai di kawasan Patung Kuda. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Demonstran kemudian bergerak ke arah Istana Negara. Para demonstran yang berbusana serupa membuat jalanan berubah menjadi 'lautan' putih. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Beberapa ruas jalanan yang dipadati massa Aksi Bela Islam di Jakarta, Jumat (4/11) adalah kawasan sekitar Masjid Istiqlal hingga Medan Merdeka. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Selain melakukan aksi long march, pengunjuk rasa juga membawa poster bernada protes saat mengikuti Aksi Bela Islam di Jakarta, Jumat 4 November 2016. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Mereka juga mengusung bendera kuning yang sebagian mengasosiasikannya dengan kematian di aksi demonstrasi terkait penistaan agama. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Kendati secara umum berlangsung tertib, aksi demonstasi sempat ricuh. Massa memaksa masuk ke dalam barikade kawat berduri yang dipasang polisi di depan Istana Negara. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Ratusan orang berhasil menembus kawat berduri yang berada di depan Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Kawat berduri tersebut awalnya berfungsi untuk membatasi para pedemo dengan polisi. Kini polisi dan pedemo telah berbaur di depan Istana. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Guna mendamaikan suasana, polisi mengenakan aksesoris bertema Islami saat mengamankan Aksi Bela Islam di Jakarta, Jumat (4/11). (CNN Indonesia/Denny Aprianto)
Sementara itu, sejumlah pedagang di Pasar Glodok menutup tokonya saat berlangsungnya demo, Jakarta, Jumat (4/11). Para pedagang khawatir demo berakhir ricuh. (CNN Indonesia/Ajeng Dinar Ulfiana)
Demi mengantisipasi kerusuhan yang dikhawatirkan terjadi, mereka memilih menutup toko dan mengunci pintu gerbang. Di sisi lain, beberapa kantor pun memutuskan meliburkan karyawannya. (CNN Indonesia/Ajeng Dinar Ulfiana)