Ada Ladang Ganja di Zona Merah Gunung Sinabung

Abraham Utama, CNN Indonesia | Minggu, 06/11/2016 14:22 WIB
Ada Ladang Ganja di Zona Merah Gunung Sinabung Ilustrasi lahan tanaman ganja. (CNN Indonesia/Gilang Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian menemukan ladang ganja di Desa Berastepu, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Desa tersebut masuk dalam zona merah erupsi Gunung Sinabung alias terlarang untuk aktivitas manusia.

Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Utara Komisaris Besar Rina Sari Ginting mengatakan, ladang hanja itu berada di sebuah tanah lapang, dekat Sekolah Dasar Inpres, Kecamatan Simpang Empat.

Personel Satuan Reserse Narkoba Polres Karo, kata Rina, menemukan ladang itu, Jumat siang lalu. Melansir Antara, 58 batang ganja berusia tanam 2,6 bulan menjadi barang bukti pada penindakan tersebut.


Seorang warga Desa Berastepu berinisial RJS, 44 tahun, ditetapkan menjadi tersangka kepemilikan ladang ganja itu. "Ia diatangkap ketika datang ke ladangnya," tutur Rina, kemarin.

Dalam catatan CNNIndonesia.com, Desa Berastepu merupakan desa yang secara langsung terdampak erupsi Sinabung. Warga desa tersebut telah dipersilakan secara mandiri mencari lahan relokasi, antara lain di Desa Lingga dan Desa Nang Belawan.
Penemuan ladang ganja tersebut bersamaan dengan aktivitas Sinabung yang meningkat. Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Sabtu pagi tadi Sinabung kembali erupsi.

Sekitar pukul 7.46 WIB, awan panas yang keluar dari Sinabung menjalar sejauh 700 meter ke arah tenggara. Masyarakat pun dilarang beraktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Sinabung.

Dengan status awas ini, pemerintah juga meminta masyarakat yang bermukim di sekitar sungai hulu Sinabung untuk mewaspadai bahaya lahar.

[Gambas:Video CNN] (abm/asa)