Mahasiswa dan Anggota Pengajian Sambut Bebasnya Antasari

Prima Gumilang, CNN Indonesia | Kamis, 10/11/2016 10:00 WIB
Puluhan orang menyambut kebebasan Antasari Azhar dari penjara. Selain keluarga, mahasiswa dan anggota pengajian ikut menunggu di luar penjara. Puluhan orang menyambut kebebasan Antasari Azhar. (CNN Indonesia/Prima Gumilang)
Tangerang, CNN Indonesia -- Puluhan orang menyambut bebasnya mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Antasari Azhar dari penjara. Bukan hanya keluarga, mahasiwa dan anggota pengajian juga terut menyambut Antasari yang selama tujuh tahun terakhir menghabiskan hidupnya di balik jeruji besi.

Mereka yang menyambut berasal dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Ketua GMNI cabang Tangerang Kamaludin Rinaldi mengatakan, penyambutan dilakukan karena Antasari adalah alumni GMNI cabang Palembang. "Kami menyambut baik dan ikut senang atas kebebasan Antasari," kata Kamaludin.


Sementara anggota pengajian yang turut menyambut berasal dari Majelis Zikir Assamawat Al Maliki pimpinan Sa'adih Al Batawi. Mereka mengenakan pakaian seragam putih-putih.

Banyaknya penyambut Antasari membuat lalu lintas di depan penjara padat tersendat.

Antasari Azhar bebas setelah divonis 18 tahun penjara 2010 atas keterlibatannya dalam perkara pembunuhan berencana Nasrudin Zulkarnaen, Direktur Utama PT Rajawali Putra Banjaran.

Pembunuhan itu terjadi pada Maret 2009 di kawasan Modernland, Kota Tangerang, Banten.

Hakim memvonis Antasari pada Februari 2010 karena dinilai terbukti terlibat dalam pembunuhan berencana itu.

Kini setelah hampir tujuh tahun menghuni penjara di Lembaga Pemasyarakatan Dewasa Tangerang, Antasari bebas bersyarat. Masa hukumanya telah dikurangi remisi dan menjalani 2/3 masa hukuman.

Mahasiswa dan Anggota Pengajian Sambut Bebasnya AntasariMassa menyambut kebebasan Antasari Azhar dari penjara LP Kelas 1 Dewasa Pria Tangerang, Kamis (11/11). (CNN Indonesia/Prima Gumilang)
(sur/asa)