Tahun Depan Surabaya Punya Underpass Khusus Pejalan Kaki

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Senin, 21/11/2016 02:40 WIB
Tahun Depan Surabaya Punya Underpass Khusus Pejalan Kaki Surabaya akan segera membangun underpass khusus pejalan kaki di kawasan Balai Pemuda. (Dok. www.surabaya.go.id)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menganggarkan pembangunan underpass empat sisi di kawasan Balai Pemuda senilai Rp30 miliar, pada 2017 mendatang.

"Setelah tahap satu dibangun basement atau parkiran bawah tanah, tahun depan proyek akan dilanjutkan hingga membentuk underpass," ujar Anggota Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Surabaya, M. Machmud, di Surabaya, Minggu (20/11).

Underpass empat sisi yang digunakan khusus untuk pejalan kaki itu akan di antara Jalan Pemuda, Jalan Yos Sudarso, Jalan Panglima Sudirman, dan Gubernur Suryo.


Machmud mengatakan pembangunan ini memang sedang diajukan dalam KUA PPAS RAPBD 2017.

"Bappeko sudah menyampaikan rencana kelanjutan proyek ini. Proyek ini merupakan sistem pembangunan kawasan Balai Pemuda. Semangatnya adalah mengembalikan kejayaan Balai Pemuda sebagai tempat rekreasi warga kota," katanya.

Hanya saja, lanjut dia, kelanjutan pembangunan kawasan Balai Pemuda bukan diwujudkan dalam tempat rekreasi gedung bertingkat yang menjulang, melainkan pasar bawah tanah.

Ia mengatakan proyek ini diajukan dengan konsep multiyears yang bisa dikerjakan dari tahun 2016, 2017 hingga 2018. Untuk tahun 2017 anggaran yang diajukan adalah sebesar Rp10 miliar.

Anggaran itu, lanjut dia, dipakai untuk penyelesaian parkir bawah tanah, lalu pada 2018 diplotkan anggaran Rp20 miliar untuk melengkapi fasilitas yang ada di pasar UKM dan sentra kuliner di komplek Balai Pemuda tersebut.

Machmud mengatakan, nantinya underpass khusus pejalan kaki itu diharapkan jadi ruang publik sekaligus hiburan bagi warga kota.

"Jadi akan ada underpass empat sisi di sana, yang bentuknya seperti lorong-lorong begitu. Kanan kirinya nanti ada karya karya seni yang dipajang. Lalu juga akan ada kuliner dan UKM," terang Mahmud. (les)


ARTIKEL TERKAIT