Setya Novanto Sowan ke Rumah Prabowo

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Kamis, 01/12/2016 18:24 WIB
Setya Novanto Sowan ke Rumah Prabowo Ketua DPR sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto menyambangi kediaman Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (1/12). (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPR Setya Novanto menyambangi kediaman keluarga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Kamis (1/12).

Ketua Umum Partai Golkar ini mengatakan, kedatangannya merupakan bentuk 'sowan' kepada tokoh senior, setelah ia resmi kembali menjabat sebagai Ketua DPR, Rabu (30/11) kemarin.

"Tentu saya sebagai Ketua DPR yang baru, saya sowan kepada senior Pak Prabowo meminta saran-saran apa yang perlu untuk ketua partai bisa menindaklanjuti hal-hal berkaitan dengan kerjasama dengan pemerintah," kata Setya saat tiba di Kertanegara.


Setya mengatakan, ia juga akan membahas situasi terkini di Indonesia, termasuk rencana aksi bela Islam jilid ketiga yang akan digelar pada Jumat (2/12) besok.

"Selanjutnya kita lihat nanti perkembangan-perkembangan apa yang bisa menjadi tukar pikiran kita bersama," ujar Setya.

Berdasarkan pantauan, Setya datang sekira pukul 17.05 dengan menggunakan mobil Range Rover hitam. Mengenakan setelan jas hitam, Setya diterima langsung Prabowo yang mengenakan safari abu-abu.

Tak lama setelah bersalaman, keduanya mulai masuk ke dalam rumah. Selang 10 menit kemudian, politikus senior Golkar Syarif Cicip Sutardjo masuk ke kediaman keluarga Prabowo tersebut.

Sebelum menyambangi Prabowo, Setya juga menggelar pertemuan dengan Ketua Dewan Pakar Golkar Agung Laksono di Gedung DPR.

Usai pertemuan, Agung menjelaskan kedatangannya menemui Setya berkaitan dengan poin pembahasan dalam Rancangan Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu (RUU Pemilu).

"Kami dewan pakar memberikan saran. Tapi putusan tetap saja di DPP karena kami sadar AD/ART partai tuh seperi itu," ujar Agung di Gedung DPR.

'Safari' politik Setya sebenarnya sudah dimulai sejak bertandang ke kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dua pekan lalu. Saat itu, Setya masih belum menjabat sebagai Ketua DPR.

Tiga hari berselang, Setya mengadakan pertemuan dengan Ketua MPR sekaligus Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Kali ini, Zulkifli yang datang menyambangi kantor DPP Golkar, di Slipi. Keduanya mengaku membahas perkembangan situasi nasional saat ini. (gil)