logo CNN Indonesia

Pesta Meriah Tahun Baru Ciptakan Tumpukan Sampah

, CNN Indonesia
Pesta Meriah Tahun Baru Ciptakan Tumpukan Sampah
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim kebersihan Taman Impian Jaya Ancol Jakarta pada Minggu (1/1) dini hari langsung bergerak melaksanakan tugas setelah pesta perayaan Tahun Baru 2017, usai digelar.

Petugas berbaju biru dan memakai rompi khusus terlihat langsung membersihkan areal yang sebelumnya menjadi pusat kerumunan masyarakat. Sampah bungkus makanan terlihat sangat mendominasi.

Beberapa titik yang menjadi ‘pusat’ tumpukan sampah adalah Pasar Seni Ancol, yang memiliki panggung seni dan hiburan mulai tarian kontemporer, musik reggae hingga pementasan reog Ponorogo.

Selain itu, mereka juga bekerja di kawasan Putri Duyung, Dunia Fantasi dan Pantai Lagoon yang juga menjadi lokasi utama perayaan Tahun Baru 2017 di wilayah Jakarta Utara.

"Kebersihan memang menjadi prioritas. Kamipun menyiapkan petugas yang jumlahnya dua kali lipat dibandingkan hari-hari biasa," kata Kepala Hubungan Masyarakat Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari.

Perayaan pergantian tahun di Taman Impian Jaya Ancol terbilang sangat meriah, dan dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono.

"Pergantian tahun disini cukup variatif. Selain pesta kembang api, pengelola juga memberikan wadah khusus untuk kesenian nusantara," kata salah satu pengunjul Ancol, Nita Yulaikah.

Berjalan Lancar

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta Sumarsono menilai perayaan Tahun Baru 2017 di seluruh wilayah kerjanya, berjalan lancar dan aman.

"Untuk perkembangan situasi perayaan malam tahun baru, dilaporkan semuanya berjalan dengan lancar dan terkendali," katanya di Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Minggu (1/1) dini hari.

Selain Ancol, warga Jakarta juga merayakan pergantian tahun dengan pesta kembang api di kawasan Bundaran Hotel Indonesia.Selain Ancol, warga Jakarta juga merayakan pergantian tahun dengan pesta kembang api di kawasan Bundaran Hotel Indonesia. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)
Selain kondisi yang aman dan terkendali, pria yang lebih sering dipanggil Soni itu juga memastikan bahwa masyarakat terhibur dengan adanya panggung-panggung hiburan di lima wilayah Kota Jakarta.

"Masyarakat bergembira. Ada yang menikmati panggung-panggung hiburan di lima wilayah. Ada yang berdzikir di masjid-masjid. Ada juga yang begadang sampai pagi. Semuanya lancar. Tidak terjadi apa-apa," ujar Soni. 

Dia juga menuturkan alasan pembatalan kegiatan malam bebas kendaraan bermotor (car free night), yakni terkait pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) dan Simpang Susun Semanggi yang sedang berlangsung.

Soni khawatir membeludaknya warga di sekitar lokasi proyek akan mengganggu jalannya pekerjaan.

"Selain itu, saat ini kita juga sedang pemulihan situasi perekonomian. Jadi, kegiatan yang sifatnya glamor harus ditiadakan. Ini alasan car free night dibatalkan," katanya. 

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta awalnya berencana menggelar kegiatan malam bebas kendaraan bermotor mulai dari Bundaran Patung Kuda (Thamrin) hingga Semanggi (Sudirman) pada malam tahun baru saat malam tahun baru 2017.

Namun, Pemprov DKI Jakarta membatalkannya dan pangung-panggung hiburan dipindahkan ke lima wilayah Kota Jakarta, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Utara.



0 Komentar
Terpopuler
CNN Video