Waspada Arus Balik, Pemerintah Siap Tambah Dua Jalur Brexit

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Minggu, 01/01/2017 19:33 WIB
Waspada Arus Balik, Pemerintah Siap Tambah Dua Jalur Brexit Pemerintah menyiapkan skenario antisipasi kepadatan lalu lintas, mengingat jalur Bandung belum normal beroperasi maka akan terjadi kepadatan di Cikarang Utama. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berencana menambah jalur pelayanan di Gerbang Tol Keluar Brebes Timur, menjadi empat jalur. Hal ini dilakukan jika terjadi kepadatan arus balik liburan akhir tahun.

"Kalau nanti dua jalur tidak mampu menampung, kita akan buka menjadi empat jalur. Jadi [gerbang tol] satu arah dan [Gerbang tol] Brebes Barat 1 arah. Jika agak padat, langsung diarahkan ke pantura," tutur Budi melalui keterangan resmi Kementerian Perhubungan, dikutip Minggu (1/1).

Budi mengungkapkan, berdasarkan informasi Dirlantas Polda Jateng Herukoco, saat ini Gerbang Tol Brexit dibuat dua jalur dengan mekanisme pintu pelayanan kecepatan tinggi.


Pintu pelayanan kecepatan tinggi yaitu petugas tol jemput bola dengan membagikan kartu tol kepada pengemudi dengan target waktu dua detik perkendaraan.

Budi menyarankan agar pemudik bisa menggunakan jalur utara sebagai jalur alternatif untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di Brebes Timur.

"Saya mengharapkan sebagian dari arus mudik ini bisa menggunakan jalur utara agar tidak terjadi kepadatan di jalan tol Brebes," kata mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II ini.

Lebih lanjut, Budi menyatakan telah mempersiapkan skenario antisipasi kepadatan lalu lintas di daerah Cikarang Utama, mengingat jalur Bandung belum normal beroperasi maka akan terjadi kepadatan di Cikarang Utama.

"Cikarang Utama akan kita manage dengan bagus melalui buka tutup jalan," ujarnya.

Sebagai informasi, Budi hari ini mengecek kesiapan dan kondisi lalu lintas di Gerbang Tol Brexit untuk memastikan arus balik lalu lintas pada masa tahun baru 2017 berjalan dengan lancar.

Budi tiba di Gerbang Tol Brexit sekitar pukul 14.10 WIB dan langsung meninjau Gerbang Tol Brexit. Setelah itu dilanjutkan ke Pos Polres Brebes Timur. Dalam peninjauan, turut hadir Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono, Dirjen Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto, Karo Ops Kombes Pol. Herianto serta Dirlantas Polda Jateng Kombes Herukoco. (gen)