Ribuan 'Pengawal' Rizieq Shihab

Mohammad Safir Makki, CNN Indonesia | Senin, 23/01/2017 17:36 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ribuan orang menggelar aksi massa di depan Markas Polda Metro Jaya, Jakarta. Mereka menyebut ada aksi kriminalisasi pada Rezieq Shihab.

Tokoh Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab hari ini (23/1) diperiksa penyidiki Polda Metro Jaya dalam kasus penyebutan logo palu arit di pecahan uang rupiah tahun emisi 2016. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Rizieq tak sendiri, massa Front Pembela Islam (FPI)
Massa bergerak dari Masjid Al Azhar, Jakarta Selatan, sekitar 1 kilometer dari Markas Polda Metro Jaya. Mereka kemudian beraksi di depan Mapolda di Jalan Jenderal Sudirman. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Sambil menunggu pemeriksaan Rizieq selesai, massa menggelar doa bersama di jalan raya. Massa juga mengelar salat zuhur berjamaah di badan jalan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Adanya aksi massa ini membuat petugas menutup jalur lambat Jalan Sudirman. Hanya jalur cepat yang bisa digunakan pengguna jalan. Kemacetan tak terhindarkan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Petugas juga menutup sementara jalan masuk menuju kawasan niaga Sudirman Central Business District (SCBD) yang ada di samping Polda Metro Jaya. Hanya satu jalan masuk yang dibuka yakni di Jalan Senopati. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Massa menggelar aksi hingga sekitar pukul 16.00 WIB. Tak ada insiden berarti dalam aksi yang dikawal ketat petugas ini. Massa membubarkan diri setelah Rizieq keluar dari ruang pemeriksaan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Sebelum meminta massa bubar, Rizieq meminta besok agar kembali digelar unjuk rasa di depan Polda terkait dengan adanya pemeriksaan anggota Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Rizieq dalam pernyataanya usai pemeriksaan juga mendesak pemerintah menarik uang kertas pecahan baru yang ia persoalkan. Ia menyebut ada logo palu arit di dalamnya. (CNN Indonesia/Safir Makki)