Sebelum Bubar, Rizieq Ingatkan Massa untuk Aksi Lagi Besok

Elise Dwi Ratnasari, CNN Indonesia | Senin, 23/01/2017 17:15 WIB
Sebelum Bubar, Rizieq Ingatkan Massa untuk Aksi Lagi Besok Massa pendukung Rizieq Shihab membubarkan diri dengan tertib dari lokasi demo di Gedung Polda Metro Jaya sekitar pukul 16.00 WIB. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Massa pendukung Rizieq Shihab membubarkan diri sekitar pukul 16.00 WIB setelah pentolan FPI itu menemui mereka. Sebelum bubar, Rizieq sempat berpidato dan mengingatkan massa membagi kekuatan pada dua aksi yang berbeda, besok.

Dalam pidatonya, Rizieq mengingatkan massa untuk mengawal pemeriksaan dua tokoh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI yang berlangsung Selasa (24/1). Di hari yang sama, kata Rizieq, digelar juga sidang kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama.

"Besok dibagi dua, sebagian ada yang ke Polda, sebagian ke sidang Ahok," kata Rizieq yang disambut sorakan massa tanda setuju.


Pantauan CNNIndonesia.com, massa membubarkan diri dengan damai. Mereka membubarkan diri setelah mendengarkan pidato singkat dari Rizieq. Sebelumnya, sekitar pukul 15.00 WIB, massa yang tersebar di sekitar Gedung Polda Metro Jaya mendadak berlari menuju depan gedung.
Beberapa orang dalam kerumunan berteriak bahwa Rizieq sudah selesai pemeriksaan dan keluar dari Gedung Polda Metro Jaya. Massa pun berdesakan menyambut Rizieq.

Rizieq menemui pendukungnya dan berpidato di mobil berpengeras suara. Ia mengatakan, pemeriksaan berjalan lancar.

"Hari ini saya telah menjalankan pemeriksaan, semua berjalan lancar, fokus dan bagus, berkaitan dengan protes kita semua, bukan hanya protes saya," katanya.
Sebelum mengakhiri pidatonya, Rizieq berpesan kepada para pendukungnya untuk pulang dengan tertib dan menjaga kebersihan kawasan Jalan Sudirman.

"Jangan ada rumput yang rusak, apalagi pohon yang tumbang," tambah Rizieq.
Sejumlah aparat terlihat berkeliling di sekitar Gedung Polda Metro Jaya untuk memastikan massa benar-benar tidak berada di sana. Meski demikian, masih terlihat sejumlah orang yang masih bertahan untuk beristirahat. (wis/pmg)