Empat Napi Jambi Kabur Usai Kerusuhan

Suriyanto, CNN Indonesia | Kamis, 02/03/2017 11:41 WIB
Empat Napi Jambi Kabur Usai Kerusuhan Empat napi kabur usai kerusuhan di LP Klas II Jambi. (Antara Foto/Wahdi Septiawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Empat narapidana Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas IIA Jambi kabur, Kamis (2/3). Mereka kabur usai kerusuhan di penjara tersebut malam sebelumnya.

"Kabur pascakericuhan semalam dan diperkirakan mereka kabur pada Kamis pagi sekitar pukul 05.00 WIB," Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jambi, Bambang Palasara seperti diberitakan Antara.

Napi yang kabur sedang diburu oleh kepolisian dan petugas LP. Bambang mengimbau napi yang kabur untuk menyerahkan diri. Keluarga napi juga diminta memberikan informasi.
Empat napi yang kabur tersebut berinisial AT (38) napi kasus narkotik dan JH (35) kasus pencurian dengan pemberatan dan MB (26) seorang tahanan baru. Satu tahanan lainnya belum diketahui identitasnya.


Saat ini situasi di dalam LP dilaporkan kondusif. Setelah dialog digelar dengan Kepala LP, Kantor Kanwil Kemenkumham, Kapolda dan Komandan Korem, napi yang terlibat dalam kerusuhan bersedia kembali ke sel tahanan. Namun petugas masih terlihat berjaga-jaga di luar LP.
Kerusuhan tadi malam pecah di penjara tersebut. Kerusuhan dipicu razia narkotik di LP. Napi tak terima razia digelar malam hari karena khawatir disusupi oknum dari luar.

Napi pun melawan petugas. Para sipir kewalahan karena kalah jumlah. Napi kemudian melampiaskan kekesalanya dengan cara membakar sejumlah bangunan seperti aula, kantin dan sel tahanan.

Saat kerusuhan, petugas mengungsikan 85 napi dan tahanan perempuan ke Kantor Kanwil Kemenkumham. Usai kerusuhan juga diketahui ada tujuh orang terluka yang terdiri dari satu polisi dan enam napi. (gil)