Tak Berdampak Tsunami, Gempa Bali Terasa Hingga Lombok

Suriyanto, CNN Indonesia | Rabu, 22/03/2017 08:02 WIB
Tak Berdampak Tsunami, Gempa Bali Terasa Hingga Lombok Ilustrasi gempa. (Thinkstock/Petrovich9)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gempa bumi 6,4 skala richter di Denpasar Bali tak berdampak tsunami, meski gempa terasa di seluruh wilayah di Bali, bahkan hingga Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Banyuwangi, Jawa timur.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto mengatakan gempa terjadi pada pukul 07.10 WITA. Pusat gempar di koordinat 8.88 lintang selatan dan 115.24 bujur timur dengan kedalaman 117 kilometer berada di tenggara Denpasar.

Selain di tujuh kabupaten/kota di Bali, gempa juga terasa hingga keluar bali.
Agus mengatakan, guncangan terasa di Pulau Lombok hingga Pulau Sumbawa, NTB, dalam skala intensitas II SIG BMKG atau III-V modified mercalli intensity (MMI). Di daerah itu, guncangan gempa bumi dirasakan oleh hampir semua orang.


"Guncangan gempa bumi juga dilaporkan terasa hingga Banyuwangi, Jawa Timur," kata Agus seperti diberitakan Antara, Rabu (22/3).

Ditinjau dari kedalamannya, gempa tersebut merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi, hasil interaksi Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia.

Hingga saat ini belum ada laporan adanya gempa susulan.

Namun Agus mengimbau warga tetap tenang dan terus mengikuti arahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).
Khusus untuk masyarakat di daerah pesisir selatan timur Bali hingga barat Lombok (NTB), Agus mengimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Sementara itu saat gempa menggucang, warga Lombok dilaporkan berhamburan keluar rumah. "Kami terkejut, karena getaran gempa cukup besar, makanya lari ke luar rumah," kata salah seorang warga Lombok, Hasan.

Namun belum dilaporkan ada kerusakan bangunan akibat gempa. Saat ini warga juga sudah beraktivitas seperti biasa.