Tak Pernah Mogok, Mobil JK Lebih Muda Setahun dari Jokowi

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Kamis, 23/03/2017 19:16 WIB
Tak Pernah Mogok, Mobil JK Lebih Muda Setahun dari Jokowi Mobil operasional Jusuf Kalla tak pernah mengalami mogok. Umurnya lebih muda setahun dari kendaraan operasional Jokowi, yang diluncurkan pada 2008. (CNN Indonesia/Widodo S. Jusuf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Insiden mogok ternyata tak pernah terjadi pada mobil dinas Wakil Presiden Jusuf Kalla. Hal itu dikonfirmasi Juru Bicara Wapres Husain Abdullah berdasarkan pengalaman mendampingi JK selama ini.

"Selama ini tidak pernah mogok. Lancar-lancar saja. Khususnya yang dipakai Pak Wapres, ya," kata Husain kepada CNNIndonesia.com, Kamis (23/3).

Husain mengatakan, mobil yang selama ini digunakan JK merupakan Mercedes Benz S600 dengan bodi antipeluru. Mobil operasional itu diluncurkan pada 2008.


Karo Umum Sekretariat Wapres Azhari juga mengatakan hal yang sama, mobil operasional JK belum pernah mengalami masalah. Secara keseluruhan, wapres dan istri memiliki empat mobil operasional. Dua Mercy S600 bagi wapres dan dua bagi Istri wapres.

Ia pun tak mengetahui persis mengenai kealpaan mogok dari mobil Wapres. Sebab, sama seperti mobil presiden, perawatan dan pengecekan kendaraan operasional menjadi kewenangan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Tidak boleh ada mistake. Segala potensi risiko sudah diantisipasi (Paspampres). Semoga (mobil) di Wapres tidak mogok, ya," ucap Azhari kepada CNNIndonesia.com.

Mobil kepresiden belakangan menjadi perhatian. Sebab, mobil bodi antipeluru itu setidaknya sudah tiga kali tak bekerja dengan baik dan menyebabkan presiden menggunakan mobil cadangan.

Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala sebelumnya mengatakan, sejumlah detail dari mobil presiden mulai bermasalah karena umur mobil. Mercy S600 yang digunakan Jokowi mogok di Kalbar itu merupakan keluaran 2007.

Akselerasi gas mobil berumur 10 tahun itu tak berfungsi dengan baik, sehingga mobil tak jalan dengan prima bahkan setelah gas diinjak.

Dari tujuh mobil operasional presiden, bahkan ada yang sudah berumur 18 tahun. Deputy Director Marketing Communication Mercedes Benz Distribusi Indonesia Hari Arifianto sebelumnya mengatakan, ada mobil operasional presiden keluaran 1999-2000.