Istiqlal: Massa 313 Tak Sampai Setengah Yang Diperkirakan

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Jumat, 31/03/2017 07:35 WIB
Protokoler Masjid Istiqlal menyebut jumlah massa yang telah tiba di titik kumpul aksi 313 belum mencapai setengah dari estimasi Forum Umat Islam. Protokoler Masjid Istiqlal menyebut jumlah massa yang telah tiba di titik kumpul aksi 313 belum mencapai setengah dari estimasi Forum Umat Islam. (CNN Indonesia/Feri Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan orang yang akan mengikuti aksi 313 telah berkumpul di dalam dan emperan Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (31/3) pagi. Kepala Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan, massa 313 yang telah tiba di kawasan itu belum mencapai setengah dari prediksi ormas Forum Umat Islam.

"Tidak sebanyak aksi-aksi sebelumnya, ini malah sangat lengang," ujar Hurairah. Ia berkata, surat izin dan pemberitahuan yang dia terima menyebut peserta aksi 313 akan mencapai 200 ribu orang.

Berdasarkan pantauan, pukul 5.00 WIB ratusan peserta aksi 313 yang telah berkumpul di Masjid Istiqlal menunaikan ibadah salat subuh berjemaah.


Istiqlal: Massa 313 Tak Sampai Setengah Yang DiperkirakanPeserta aksi 313 mulai memadati Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (31/3). (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Setelah itu, mereka mempersiapkan logistik unjuk rasa seperti bendera putih-hitam bertuliskan lafadz Al-Quran serta bendera Arab Saudi dan Palestina.

"Ini persiapan buat nanti siang. Nanti akan ada lagi kawan yang bawa karton. Kami di sini siapkan bendera yang diikat bambu," kata Burhanudin, seorang peserta aksi 313.
Kemarin, Kepala Polda Metro Jaya Irjen Mochamad Iriawan menyebut kepolisian menyiagakan 20 ribu personel untuk mengamankan aksi 313. Menurutnya, angka itu setara dengan jumlah massa yang akan mengikuti demonstrasi tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal FUI Muhammad Al Khathtath memastikan sejumlah tokoh akan berpartisipasi dalam unjuk rasa itu, antara lain pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab, mantan Ketua MPR Amien Rais dan Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama.
FUI menggelar aksi 313 untuk menuntut Presiden Joko Widodo mencopot Basuki Tjahaja Purnama dari jabatan Gubernur DKI Jakarta. Mereka juga mendesak penegak hukum menahan Basuki alias Ahok atas dugaan penodaan agama.

Perkara yang menjerat Ahok itu kini masih bergulir di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Majelis hakim sejak awal memutuskan untuk tidak menahan Ahok meskipun calon gubernur petahana itu berstatus terdakwa.

Aksi 313 rencananya akan dimulai usai salat Jumat. Masjid Istiqlal Jakarta akan menjadi titik kumpul utama para peserta unjuk rasa itu.
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK