Balada Nelayan Pesisir Utara Jakarta

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 06/04/2017 17:25 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Nelayan di pesisir utara Jakarta harus berhadapan dengan proyek reklamasi yang mempengaruhi aktivitas mereka, tangkapan ikan yang berkurang drastis.

Sektor perekonomian di bidang maritim mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. Salah satunya adalah nelayan yang berperan besar dalam peningkatan perekonomian maritim. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Namun apresiasi tersebut tidak berlaku di beberapa daerah. Salah satunya di Desa Kamal Muara yang terletak di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Reklamasi yang dicanangkan di wilayah tersebut berimbas bagi kelangsungan hidup nelayan di sana. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Uuswanto (53) sudah menempati Desa Kamal Muara selama dua puluh tahun lebih. Menurutnya, sejak ada reklamasi laut pantai Utara Jakarta tidak sebiru dulu dan sampah dari proyek reklamasi bertebaran. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Proyek reklamasi Pulau C berdekatan dengan Desa Kamal Muara. Pulau tersebut membentang dari Pantai Indah Kapuk, sehingga membuat para nelayan harus beradaptasi untuk penangkapan ikan. (Hesti Rika/CNN Indonesia)
Salah satunya dengan cara membuat Sero. Sero merupakan jenis perangkap yang terdiri dari susunan pagar yang terbuat dari bambu, untuk menuntun ikan menuju perangkap. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Kasarudin (38) selain memiliki Sero dan Bagan, memiliki tambak kerang hijau. Bagan hampir sama dengan Sero, namun yang membedakannya adalah Bagan berbentuk persegi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Hasil tangkapan ikan nelayan Kamal Muara, sebagian besar merupakan ikan teri, ikan tembang, dan udang rebon. Nelayan mengeluh akibat adanya reklamasi, tangkapan mereka turun drastis. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Hasil tangkapan ikan nelayan Kamal Muara sebagian besar di jual ke tengkulak di pelelangan ikan di Kamal Muara. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Selain menjualanya, hasil dari tangkapan ikan para nelayan di kawasan itu juga diolah menjadi ikan asin. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Saat tak melaut, para nelayan Kamal Muara akan memperbaiki jala dengan cara menjahitnya. Sebagian nelayan memprotes reklamasi akan merampas ruang hidup mereka. CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Walaupun pemerintah menetapkan Poros Maritim sebagai prioritas, namun dampak yang menguntungkan bagi nelayan dinilai relatif kecil.  (CNN Indonesia/ Hesti Rika)
Harapan para nelayan, pemerintah memiliki solusi yang nyata mengenai reklamasi bagi kaum nelayan, sehingga para nelayan dapat memperbaiki tingkat kesejahteraan mereka. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)