Bosan Jadi Sorotan, Menteri Susi Sebut Media 'Kepo'

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Jumat, 07/04/2017 13:55 WIB
Bosan Jadi Sorotan, Menteri Susi Sebut Media 'Kepo' Susi heran dirinya selalu jadi bahan pemberitaan media. (ANTARAFOTO/Izaac Mulyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Susi Pudjiastuti memang seakan tak pernah habis menjadi perbincangan media. Setiap tingkah lakunya memang selalu menarik perhatian media. Masyarakat pun seakan banyak yang tertarik dengan segala pemberitaan yang berkaitan dengan menteri perempuan asal Pangandaran itu.

Bukan cuma soal gayanya yang dinilai tak biasa untuk seorang pejabat. Tapi juga kebijakan kerasnya meledakkan dan menengelamkan kapal pencuri ikan.

Sejak awal dilantik jadi Menter, Susi memang banyak menarik perhatian. Dari mulai aksi merokok di kawasan Istana, hingga tatto yang dimiliknya.


Namun, siapa sangka pemilik maskapai Susi Air ini justru bisa bosan juga pada pemberitaan media. Ia heran, setiap aksi dan penampilannya kerap jadi bahan pemberitaan.
"Kenapa sih selalu saja jadi berita?" kata Susi di depan awak media yang berkunjung ke rumah dinanya di kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Kamis (6/4).

Pernyataan itu justru mengundang tawa riuh. Bahkan beberapa pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan yang mendampinginya ikut tertawa.
Bosan Jadi Sorotan, Menteri Susi Sebut Media KepoSusi Pudjiastuti naik di Bak kndaraan patwal kepolisian di Kolaka. (Screenshoot via Twitter/@kkpgoid)
"Saya pakai baju warna hijau, jadi berita. Pakai topi fedora, jadi berita. Pakai sepatu kets di Istana jadi berita," katanya.

Menurut Susi, hal tersebut lumrah dan tak seharusnya jadi bahan pemberitaan. Ia merasa gaya berpakaiannya juga sama dengan anggota kabinet yang lain.
"Bosan saya, lihat judul berita 'Susi Kenakan Sepatu kets ke Istana'. Apa coba, besok saya pakai kebaya saja, saya tutup semua dari atas sampai bawah biar tak ada yang kenal dan cari-cari saya itu wartawan," kata Susi sambil tertawa dengan ucapannya sendiri.

Wajahnya tampak serius kala menyampaikan rasa bosannya menanggapi pemberitaan media yang menurutnya justru lebih fokus pada gaya berpakaiannya.

Susi mengatakan, pemberitaan semestinya lebih fokus pada kinerja atau pencapaian kementeriannya. Misalnya terkait pada pemberantasan pencurian ikan yang bisa berimbas pada meningkatknya kesejahteraan nelayan.
Ia bahkan menyebut media 'kepo' atau selalu ingin tahu urusan orang.

"Kalian ini kepo sekali sama saya, padahal kan tidak ada yang salah dengan gaya saya," katanya berseloroh.

Beberapa waktu, di media sosial hangat dibicarakan Susi yang naik mobil bak terbuka milik patroli pengawal (patwal) kepolisian di Kolaka, Sulawesi Tenggara. Susi juga jadi perbincangan saat naik motor patwal kepolisian karena takut terlambat saat menyambut kedatangan Presiden Perancis Francois Hollande. Gaya santai Susi di Istana juga jadi sorotan saat itu.