TNI AU Ulang Tahun, Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup 3 Jam

Aulia Bintang Pratama, CNN Indonesia | Jumat, 07/04/2017 14:27 WIB
TNI AU Ulang Tahun, Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup 3 Jam Penerbangan komersial di Halim Perdanakusuma akan ditutup sekitar 2 jam 30 menit, selama perayaan HUT TNI dari pukul 08.00 hingga 11.00 WIB. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penerbangan komersial di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta, akan ditutup sementara selama perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 TNI Angkatan Udara, Minggu (9/4). Penutupan penerbangan untuk sementara waktu itu akan disampaikan melalui Notice to Airmen (notam).

"Ada notam bahwa penerbangan akan ditutup mulai pukul 08.00 WIB," kata Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto saat ditemui di Lanud Halim Perdanakusuma, Jumat (7/4).

Hadi mengatakan, penutupan penerbangan dilakukan sejak pukul 08.00 WIB saat upacara perayaan HUT TNI AU dimulai. Mengingat rangkaian kegiatan itu memakan waktu sekitar 2 jam 30 menit, maka penerbangan komersial akan dibuka kembali pada pukul 11.00 WIB.

Hadi meminta calon penumpang yang menggunakan penerbangan komersial dari Halim Perdanakusuma memaklumi penutupan sementara tersebut. Dia mengatakan, tak ada niat buruk atas penutupan itu, tapi pihaknya ingin memberikan kenangan positif kepada masyarakat selama perayaan HUT TNI AU tahun ini.


"Kami minta maaf kalau ada penumpang yang terganggu, tapi ini memberikan manfaat bahwa TNI AU adalah milik rakyat," ujarnya.

Pada pagi hari ini, TNI Angkatan Udara menggelar geladi bersih HUT TNI AU ke-71. Selain menunjukkan kemampuan personel, TNI AU juga akan memamerkan sejumlah armada tempur. Sejak beberapa hari lalu, pesawat tempur milik TNI AU mondar mandir di langit Jakarta.

Tim Aerobatik Jupiter TNI Angkatan Udara dijadwalkan akan tampil dengan memperlihatkan kemampuan mereka bermanuver di angkasa.

Selain berlatih sikap sempurna untuk persiapan upacara, personel AU juga berlatih defile atau arak-arakan mengelilingi lokasi perayaan. Pegawai negeri sipil di lingkungan AU serta marching band juga disertakan dalam gladi bersih ini.

Bukan hanya pesawat tempur atau helikopter saja yang akan diterbangkan dalam perayaan ulang tahun kali ini. Mereka juga berniat menampilkan aksi pertempuran udara dan demo pembebasan sandera.

Situs resmi TNI AU menyebutkan, total pesawat dan personel yang akan terlibat dalam puncak perayaan ulang tahun ini mencapai 132 pesawat dan 1600 personel.

Sementara awak pesawat TNI AU yang akan dipamerkan di antaranya F-16, Sukhoi 27/30, KT-1 Woong Bee, Hercules C-130, Cessna T-41, Hawk 109/209, helikopter Super Puma.