Saat Jokowi Mendadak Membatalkan Bertemu Para Petani

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Senin, 10/04/2017 11:06 WIB
Saat Jokowi Mendadak Membatalkan Bertemu Para Petani Presiden Jokowi dalam satu rapat. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Acara Presiden Joko Widodo ternyata bisa berubah mendadak, macam yang terjadi pagi ini.

Sejak kemarin (9/4) malam, Jokowi diagendakan akan membuka silaturahmi peserta rapat pimpinan nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di Balai Kartini, Jakarta Selatan, pukul 10.00 WIB.

Namun, agenda itu dibatalkan sekitar 30 menit sebelum dimulai. Padahal, segala bentuk persiapan sudah dilakukan demi menyambut presiden.


Seperti sejumlah pasukan pengamanan presiden (Paspampres) sudah bersiap di luar dan dalam gedung. Security door didirikan di dekat pintu masuk untuk memeriksa setiap orang yang akan masuk.

Selain Paspampres, protokol dan media Istana juga sudah bersedia di Balai Kartini. Menteri-menteri turut hadir, seperti Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.
Berdasarkan pantauan, turut hadir mantan Ketua Umum HKTI Oesman Sapta Oedang di sana. Ia sempat berbincang-bincang dengan Yasonna dan Amran saat itu.
Tetapi, sekitar pukul 09.30 WIB, seluruh persiapan itu dihentikan. Protokol dan media diminta kembali ke Istana sebab Jokowi tak menghadiri acara HKTI. Bagian pembukaan acara akhirnya didelegasikan kepada Menteri Amran.

Paspampres pun langsung membereskan peralatan mulai dari metal detector hingga security door. Setelah itu mereka meninggalkan lokasi.

Belum ada keterangan resmi mengenai pembatalan agenda Jokowi ini. Selain HKTI, Jokowi juga dijadwalkan untuk menerima komisioner Komisi Pemilihan Umum periode 2012-2017 di Istana Merdeka.