Gelar Rapimnas, Golkar Panaskan Mesin Partai untuk 2019

Suriyanto, CNN Indonesia | Minggu, 21/05/2017 15:18 WIB
Gelar Rapimnas, Golkar Panaskan Mesin Partai untuk 2019 Partai Golkar menggelar Rapimnas di Balikpapan, Kalimantan Timur. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Golkar menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) di Balikpapan, Kalimantan Timur dalam rangka persiapan Pemilu 2019. Partai berlambang beringin ini juga akan mempersiapkan Pilkada serentak tahun depan dan menyikapi situasi politik terkini.

Seperti diberitakan Antara, Ketua Panitia Penyelenggara Rapimnas Partai Golkar Nurdin Halid mengatakan, untuk persiapan 2019, partainya akan membentuk Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) mulai dari tingkat pusat, provinsi, hingga tingkat kabupaten/kota.
Golkar juga akan melakukan proses rekrutmen calon anggota legislatif (caleg) untuk pemilu 2019.

"Proses rekrutmen ini mulai dilakukan Partai Golkar sebelum tahapan proses pemilu berjalan," kata Nurdin, Minggu (21/5).


Proses rekrutmen dimulai dari sosialisasi kategori caleg berkualitas sesuai dengan aspirasi masyarakat dan kemudian dijaring melalui mekanisme survei.

Para bakal caleg yang namanya masuk dalam bursa penjaringan wajib mensosialisasikan program-program partai saat terjun ke masyarakat untuk meningkatkan popularitas.
Untuk calon presiden, Golkar menurut Nurdin tetap berpegangan pada Rapimnas di Jakarta tahun lalu yang memutuskan mengusung Joko Widodo sebagai calon presiden. Calon Presiden diusung sejak awal agar memiliki cukup waktu untuk mensosialisasikannya kepada masyarakat.

"Saat ini, Partai Golkar sudah mensosialisasikan, Pak Jokowi sebagai calon presiden, baik di tingkat pusat maupun daerah," kata Nurdin.