Cabut Banding Ahok dan Sosok Tenang Veronica Tan

Aulia Bintang Pratama, CNN Indonesia | Selasa, 23/05/2017 09:37 WIB
Cabut Banding Ahok dan Sosok Tenang Veronica Tan Istri Basuki Tjahaja Purnama, Veronica Tan, hadir di PN Jakarta Utara untuk ikut menyampaikan memori banding atas kasus yang menjerat suaminya, Senin (22/5). (CNN Indonesia/Aulia Bintang Pratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Veronica Tan mendatangi Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Utara, kemarin, bersama kerabat dan kuasa hukum suaminya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Itu adalah penampilan pertama Vero di hadapan publik sejak majelis hakim menjatuhkan vonis dua tahun kepada Ahok, 9 Mei lalu. 

Mengenakan setelan serba putih, Vero terlihat tenang seperti pembawaan yang selalu ia perlihatkan. Satu-satunya yang berbeda, Vero diam membisu kepada wartawan. 
Vero mengunci mulut rapat-rapat saat adik iparnya, Fifi Lefy Indra, mengumumkan keputusan penting dari pihak keluarga dan kuasa hukum yang memutuskan mencabut permohonan banding terhadap vonis majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara atas kasus hukum Ahok.

"Setelah diskusi panjang, keluarga memutuskan melakukan pencabutan banding," kata Fifi di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.


Setelah menyampaikan informasi tersebut, tak ada kata-kata lain yang keluar dari mulut Fifi. Dia hanya mengatakan alasan pencabutan akan diberitahukan secara gamblang pada hari ini, Selasa (23/5).
Vero pun tak menambahkan informasi. Tak hanya pelit kata-kata, senyum juga tak tampak dari wajah ibu tiga anak tersebut.

Vero hanya memberikan satu kata kepada wartawan di sepanjang pertemuan tersebut. Itu ia ucapkan saat ditanya bagaimana kabar sang suami yang tengah mendekam di balik jeruji besi.

Satu kata itu ia ucapkan sebanyak tiga kali: "Sehat, sehat, sehat."

Setelah itu, Vero kembali diam dan langsung memasuki ruangan panitera pidana di PN Jakarta Utara untuk berbincang dengan tim kuasa hukum yang sudah datang lebih awal.

Wartawan masih berusaha mengorek informasi dari mulut Vero. Namun, yang bersangkutan memilih melenggang masuk ke mobilnya tanpa mengeluarkan sepatah kata pun perihal alasan pencabutan banding sang suami.
Sikap tenang Veronica kerap dia tunjukkan saat masa-masa sulit bersama Ahok, pria yang menikahinya sejak 1997.

Saat Ahok divonis dua tahun, Veronica pun menunjukkan sikap yang tenang. Sirra Prayuna, salah satu kuasa hukum Ahok mengatakan saat mendapat kabar vonis hakim terhadap suaminya, Vero menyatakan menerima hukuman tersebut.

"Pak Ahok menjelaskan putusannya seperti ini, saya harus jalani ini, sabar. Bu Vero mengerti dan memahami juga," kata Sirra.

Meski menerima hukuman hakim, Sirra mengungkapkan Veronica tampak sedih saat mendampingi sang suami ditahan sementara di Rutan Cipinang, Jakarta Timur. Vero juga sempat mendampingi Ahok saat dipindahkan ke Rutan Mako Brimob.
Veronica menikah dengan Ahok saat dia masih 19 tahun dan terpaut usia sembilan tahun. Dalam wawancara dengan Kompas TV, Veronica mengatakan sudah kebal terhadap berbagai perlawanan terhadap sang suami.

Selain itu, ia juga tak terkejut melihat Ahok yang kerap membuat berbagai kontroversi.

"Yah jalanin aja, abis gimana? Susah sih, kalau (Ahok) dipancing ya jadinya kayak gitu. Kami jalanin aja dan masyarakat lihat apa yang dilakukan Bapak," kata Veronica.





ARTIKEL TERKAIT