Sekjen PDIP Apresiasi Cabut Banding Ahok

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Rabu, 24/05/2017 02:48 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengapresiasi sikap cabut banding Ahok dan menyebut tindakan tersebut bukan usulan partainya. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengapresiasi sikap cabut banding Ahok dan menyebut tindakan tersebut bukan usulan partainya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengapresiasi langkah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang berupaya mencabut banding atas vonis yang telah diberikan kepadanya.

Hasto mengatakan bahwa langkah tersebut merupakan sikap Ahok dalam menerima dan menjalankan keputusan yang telah diberikan majelis hakim.

"Sejarah akan membuktikan bahwa kebenaran yang sejati-jatinya itulah yang nantinya akan menang," kata Hasto di Ciganjur Jakarta, Rabu (23/5).

Hasto mengaku keputusan mencabut permohonan banding yang dilakukan Ahok bukan usulan dari partainya.


Dia mengatakan bahwa upaya pencabutan banding tersebut murni dari pihak Ahok yang ingin menjalani putusan hakim.

Hasto hanya ingin menghormati apa yang dilakukan Ahok beserta tim kuasa hukumnya.

"Ini bukan masalah dukung mendukung. Itukan keputusan Pak Ahok yang harus hormati. Seperti itu,"

Sebelumnya, Ahok melalui tim kuasa hukumnya mencabut permohonan mencabut banding atas vonis yang dikeluarkan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara dalam kasus penodaan agama.

Tim kuasa hukum Ahok menilai majelis hakim berlaku tidak adil dalam memberi putusan kepada Ahok. Mereka menilai majelis hakim mengabaikan saksi dan ahli yang dihadirkan oleh timnya dalam mengeluarkan putusan.

Selain menjelaskan alasan pencabutan, dalam konferensi pers yang dilakukan Selasa (23/5), istri Ahok, Veronika Tan juga membacakan surat yang ditulis tangan oleh Ahok.