Ceramah Djarot saat Tarawih Pertama: Jaga Perdamaian

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Jumat, 26/05/2017 20:16 WIB
Ceramah Djarot saat Tarawih Pertama: Jaga Perdamaian Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat melaksanakan salat tarawih pertama di Masjid Hasyim Asy'ari, Jakarta.

Dalam ceramahnya, Djarot menyampaikan pesan agar warga DKI Jakarta menjalani ibadah puasa secara khusyuk dan damai. Dia juga berpesan agar masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa tetap menjaga kerukunan antarumat beragama.

"Menjaga kekhusyukan, damai, saling menghargai. Kita semua berharap agar bisa menjadi Islam yang rahmatan lil alamin," kata Djarot

Djarot beribadah di masjid raya itu ditemani istrinya, Happy Farida dan kedua anaknya. Dia tiba di masjid tepat pukul 19.15 WIB, mengenakan kemeja putih dan menyapa warga yang menunggu salat isya dan tarawih berjamaah.


Begitu tiba di masjid, Djarot langsung melaksanakan salat isya bersama umat muslim lainnya di masjid tersebut. Sesuai jadwal, Djarot memang didaulat menjadi penceramah sebelum pelaksanaan salat tarawih.

Salah seorang warga asal Daan Mogot, Kinanti (34) menyebut telah mengetahui perihal kedatangan Djarot yang akan melaksanakan salat tarawih di masjid ini.

"Saya sudah tahu, soalnya kan pengurus masjid pun sudah memberi kabar," kata Kinanti.

Kedatangan Djarot, menurut Kinanti cukup memberikan penyemangat di hari pertama menjalani ibadah shalat taraweh.

"Bagus, senang saja kan salat berjamaah bersama Pak Djarot, terus nanti juga ada Pak Jokowi di pertengahan puasa," kata dia.

Lebih lanjut, menurut Kinanti tahun ini merupakan tahun pertama dia melaksanakan salat tarawih di Masjid Raya Hasyim Asy'ari yang baru saja diresmikan 15 April lalu.

Sebelum masjid ini resmi berdiri, Kinanti mengaku sering melaksanakan salat tarawih di musala yang berada tidak jauh dari rumahnya.

"Biasanya di dekat rumah, cuma ada mesjid raya dan ini hari pertama makanya saya datang kemari," kata dia.

Sementara itu, saat ini ratusan jemaah menjalani ibadah salat tarawih di hari pertama ramadan setelah pemerintah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada hari Sabtu, 28 Mei 2017.