Jokowi Beri Tema Hari 1 Juni 'Saya Indonesia Saya Pancasila'

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Sabtu, 27/05/2017 09:07 WIB
Jokowi Beri Tema Hari 1 Juni 'Saya Indonesia Saya Pancasila' Jokowi menyiapkan Pekan Pancasila untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menyiapkan sesuatu yang berbeda untuk merayakan Hari Lahir Pancasila tahun ini. Diketahui melalui Keppres Nomor 24 Tahun 2016, Jokowi menetapkan 1 Juni sebagai hari libur nasional supaya masyarakat dapat mengenal lebih dalam Pancasila.

Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Mahmudin menuturkan, Presiden tahun ini akan menyemarakkan Hari Lahir Pancasila melalui acara Pekan Pancasila. Sejumlah kegiatan mulai dilakukan 29 Mei hingga 4 Juni. Pada 2017, Jokowi memberikan tema acara "Saya Indonesia, Saya Pancasila".
Pekan Pancasila dipersiapkan pemerintah guna mengenalkan kembali dan memperkuat dasar-dasar Pancasila dan menarik perhatian generasi muda terhadap dasar negara.

"Sehingga seluruh komponen Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai pancasila ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tutur Bey, Jumat (26/5). 


Acara puncak peringatan Hari Lahir Pancasila bakal dipusatkan di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri. Jokowi akan menjadi Inspektur Upacara. Upacara juga dilaksanakan di setiap instansi pemerintah di pusat, daerah, bahkan perwakilan Indonesia di luar negeri.
Sementara dalam sepekan, pemerintah berkolaborasi bersama berbagai pihak untuk menayangkan iklan layanan masyarakat di stasiun-stasiun televisi bahkan bioskop. Pemeritah juga akan mengadakan program talkshow dan musik di berbagai stasiun radio. Pemerintah juga akan menerbitkan dan mendistribusikan buku. 

Pekan Pancasila bakal diramaikan melalui media sosial. Sejumlah tagar seperti #PekanPancasila, #SayaPancasila, #PancasilaReborn, #KenalPancasila, #PancasilaPunyaKita, #PancasilaSAtu #Pancasila2017 diharapkan dapat digunakan di berbagai jejaring sosial agar kegiatan ini maksimal.