Hari Lahir Pancasila, Menteri Kompak Kenakan Pakaian Adat

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Kamis, 01/06/2017 08:25 WIB
Hari Lahir Pancasila, Menteri Kompak Kenakan Pakaian Adat Presiden dan jajaran menteri lakukan upacara di Gedung Pancasila, Jakarta. Menariknya, mereka datang mengenakan pakaian adat. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo beserta jajaran menteri akan melakukan upacara Hari Lahir Nasional di Gedung Pancasila, kawasan gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta. Tempat upacara pun sudah mulai dipadati tamu undangan.

Berdasarkan pantauan, Jokowi telah tiba sejak pukul 07.30 WIB. Beberapa menteri terlebih dahulu tiba. Menariknya, mereka menggunakan pakaian adat Indonesia. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono datang dengan mengenakan pakaian khas Betawi. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengenakan pakaian khas Yogyakarta. Sementara, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menarik perhatian dengan pakaian khas Nias, Sumatera Utara. 



Beberapa menteri perempuan seperti Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek kompak mengenakan kebaya. Beberapa tokoh seperti Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo juga tampak mengenakan pakaian daerah.

Jokowi akan menjadi instruktur upacara pagi ini. Ia akan menyampaikan pesan-pesan terkait Pancasila. Tak hanya itu, ia juga bakal menyampaikan detail pembentukan Unit Kerja Presiden Pembinaan Pancasila. 
Upacara ini diselenggarakan di seluruh instansi pemerintah baik dalam dan luar negeri. Instruksi Presiden didistribusikan dan akan dibacakan instruktur upacara di seluruh daerah. Turut hadir dalam upacara peringatan hari lahir Pancasila ini, mantan Wakil Presiden Tri Sutrisno dan Boediono