Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah UKP Pancasila

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 07/06/2017 13:23 WIB
Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah UKP Pancasila Megawati Soekarno Putri memimpin Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menunjuk Megawati Soekarno sebagai Ketua Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP). Megawati akan bekerja dengan delapan anggota Dewan Pengarah lain yang juga dilantik hari ini.

"Ketua Dewan Pengarah Ibu Megawati dan Sekretaris Pak Wisnu yang dari Hindu," ujar Yudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (7/6).
Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia tanggal 31 Mei 2017 Nomor 31M Tahun 2017, delapan anggota Dewan Pengarah lainnya, adalah Try Sutrisno, M. Mahfud MD, Ahmad Syafii Maarif, Ma’ruf Amin, Said Aqil Siradj,

Selain itu, Andreas Anangguru Yewangoe, Wisnu Bawa Tenaya, dan Sudhamek.


Kata Yudi, usai pelantikan, Ketua Dewan Pengarah telah bersepakat untuk memutuskan untuk rapat sebulan sekali. Nantinya, para dewan pengarah, kata Yudi, tidak akan bekerja dengan protokol yang rumit.
Sementara, terkait belum adanya kantor untuk UKP PIP, Yudi menanggapi santai.

Dia sempat bercanda dengan wartawan ketika ditanya persoalan kantor.

"Kerjanya di mall. Karena kan kami akan terlihat dengan banyak komunitas sehingga akan mudah diakses," katanya.

UKP PIP dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2017. UKP ini bertujuan untuk merekatkan kembali tenunan kebangsaan, karena Pancasila itu merupakan alat persatuan.