Istana Soal Survei SMRC: Masyarakat Tahu Jokowi Fokus Kerja

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Jumat, 09/06/2017 18:43 WIB
Istana Soal Survei SMRC: Masyarakat Tahu Jokowi Fokus Kerja Kebiasaan Jokowi blusukan dan memantau langsung kerja pemerintahan disebut telah diketahui oleh masyarakat. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)
Jakarta, CNN Indonesia -- Istana memahami hasil survei terbaru lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terhadap elektabilitas dan kepuasan rakyat atas kerja Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan survei SMRC, kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi kini mencapai 67 persen. Sementara dalam simulasi head to head, elektabilitas Jokowi masih unggul dari Prabowo. Jokowi meraih 57,3 persen dan Prabowo hanya mendapat 37,2 persen. 

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyatakan, hasil itu menunjukkan masyarakat kini mengetahui dan merasakan langsung kerja Jokowi terutama pembangunan daerah-daerah di luar Pulau Jawa
"Masyarakat sudah tahu, waktunya (Jokowi) digunakan sepenuhnya bekerja," ujar Pramono di kantornya, Jumat (9/6).


Jokowi seperti diketahui kerap membahas pemerataan pembangunan dalam rapat terbatas bersama jajaran menteri. 

Menurut Pramono, dalam beberapa waktu belakangan Jokowi juga fokus memeratakan pembangunan daerah-daerah terluar Indonesia, mulai dari infrastruktur hingga konektivitas antardaerah.

Tak jarang Jokowi memimpin dan memantau langsung pembangunan di desa-desa dan daerah.
Atas kerja-kerja tersebut, Pramono menganggap wajar apabila tingkat kepuasan masyarakat terhadap Jokowi di atas 67 persen.

"Masyarakat mengapresiasi kinerja Presiden Jokowi dan para pembantunya," kata Politikus senior PDI Perjuangan ini.

Survei SMRC dilakukan pada 14-20 Mei 2017 dengan metode multistage random sampling dan margin of error kurang lebih 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei melibatkan 1.350 responden yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. 
Selain menyurvei elektabilitas Jokowi dan kepuasan rakyat, SMRC juga menyurvei keyakinan masyarakat terhadap kemampuan Jokowi dalam memimpin negara. Hasilnya, 68 persen responden yakin Jokowi mampu memimpin negara.