Dilantik Jadi Gubernur Jakarta, Djarot Rindu Ahok

Sisilia Claudea Novitasari , CNN Indonesia | Kamis, 15/06/2017 19:32 WIB
Dilantik Jadi Gubernur Jakarta, Djarot Rindu Ahok Djarot Syaiful Hidayat Mengaku Rindu dengan Mantan Rekan Kerjanya, Ahok. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Usai dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful mengaku merindukan bekas rekan kerjanya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Kalau dulu ada Pak Ahok enak membaginya. Pak Ahok bisa menyelesaikan di kantor, saya lebih banyak di luar. Koordinasi juga lebih enak, bisa bagi waktu, bagi tugas. Sekarang kan kita sendiri," kata Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (15/6).

Apalagi, kata Djarot meski hanya menjabat sebagai Gubernur hingga Oktober 2017, tugas yang akan diembannya jauh lebih berat. Sebab, dia harus mengemban tanggung jawab sebagai pemimpin DKI sendirian.

"Sekarang saya merasakan dua fungsi, kan kita rangkap, sekarang berarti tanggung jawabnya semakin besar," kata Djarot.
Meski demikian, Djarot bersyukur karena Pemprov DKI memiliki birokrasi yang solid sehingga bisa membantunya melayani masyarakat.

Hari ini, Presiden Joko Widodo resmi melantik Djarot sebagai orang nomor satu di ibu kota.

Jokowi menanyakan beberapa hal kepada Djarot sebelum sumpah jabatan diucapkan, termasuk soal kesediaan menjabat sebagai

"Sebelum membacakan sumpah, saya titip ibu kota Jakarta sisa masa jabatan 2012-2017," kata Jokowi di Istana Negara.
Pelantikan tersebut sesuai Keputusan Presiden RI Nomor 76 P Tahun 2017 tentang pengesahan pemberhentian gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan tahun 2012-2017 dan pengesahan gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan tersebut.

Djarot menggantikan Ahok yang mengundurkan diri beberapa waktu lalu karena terjerat kasus penistaan agama.

Ahok divonis dua tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara, karena terbukti bersalah menista agama karena ucapannya mengutip Surat Al Maidah 51 di Kepulauan Seribu, September 2016.
Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Djarot Pimpin Jakarta