Islam di Tengah Belantara Jambi

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 20/06/2017 11:05 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 200 Orang Rimba di Batanghari, Jambi, masuk Islam karena terdesak alasan ekonomi. Mereka ingin hidup menetap dan mendapat pengakuan.

Di tengah hutan Kabupaten Batanghari, hidup komunitas asli, Orang Rimba. Mereka penganut animisme, nomaden dan mengandalkan hewan buruan untuk makan sehari-hari. (AFP PHOTO / GOH CHAI HIN)
Penampakan sebuah rumah kayu tempat Orang Rimba tinggal. Orang Rimba mengeluhkan semakin sempitnya lahan permukiman dan buruan mereka karena semakin terdesak dengan pembukaan lahan perkebunan. (AFP PHOTO / GOH CHAI HIN)
Lahan tempat mereka berburu dulu, kini sudah berubah jadi kebun kelapa sawit. Meski demikian, berburu harus tetap dilakukan karena hanya itu yang mereka bisa. (AFP PHOTO / GOH CHAI HIN)
Sehari-hari Orang Rimba harus hidup di tengah konflik dengan perusahaan perkebunan dan susahnya mencari makan. (AFP PHOTO / GOH CHAI HIN)
Perubahan besar datang saat sebuah lembaga swadaya masyarakat Islam mendekati mereka dan mengajak untuk memeluk Islam. (AFP PHOTO / GOH CHAI HIN)
Tawaran untuk berpindah keyakinan diterima oleh sebagian Orang Rimba. Sementara itu, bantuan dari Lembaga Swadaya juga membuat mereka kini bisa menetap, mendapat KTP dan memeroleh akses pendidikan dan layanan kesehatan. (AFP PHOTO / GOH CHAI HIN)
Mereka juga mendapat bantuan pakaian sehingga tak lagi harus mengenakan cawat seadanya. Tampak dua gadis Orang Rimba tengah mengenakan jilbab dan bersiap-siap untuk belajar mengaji. (AFP PHOTO / GOH CHAI HIN)
Suasana mengaji anak-anak Orang Rimba di sebuah rumah kayu. Anak-anak ini sekarang punya aktivitas lain selain menemani orang tua mereka berburu di hutan. (AFP PHOTO / GOH CHAI HIN)
Orang Rimba mendapatkan pakaian lengkap hasil dari sumbangan pemerintah dan LSM. Dulu mereka hanya mengenakan cawat. Bantuan pemerintah lebih mudah diserahkan ketika mereka menetap dan memiliki KTP. (AFP PHOTO / GOH CHAI HIN).
Foto perbandingan anak Orang Rimba yang sudah masuk Islam (kanan) dengan anak yang belum masuk Islam (kiri). Di Indonesia sendiri saat ini terdapat sekitar 70 juta jiwa anggota suku pedalaman. (AFP PHOTO / GOH CHAI HIN)
Foto perbandingan anak Orang Rimba yang sudah masuk Islam (kanan) dengan anak yang belum masuk Islam (kiri). Di Jambi, terdapat kurang lebih 3500 anggota suku Rimba. (AFP PHOTO / GOH CHAI HIN)
Pihak berwenang menilai ajakan untuk masuk Islam itu positif. Tapi pengamat menyebut langkah tersebut merusak tatanan kelompok masyarakat adat ini yang putus asa pada kegagalan pemerintah mempertahankan hak mereka melawan ekspansi komersial. (AFP PHOTO / GOH CHAI HIN)