Obama Tidak Ingin Disambut Terlalu Resmi di Bogor

Hanna Azarya Samosir, CNN Indonesia | Jumat, 30/06/2017 08:18 WIB
Obama Tidak Ingin Disambut Terlalu Resmi di Bogor Barack Obama diundang santap siang bersama Presiden Joko Widodo di Bogor. Namun, Obama tidak ingin disambut dengan terlalu resmi. (Reuters/Pius Erlangga)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah berlibur di Bali dan Yogyakarta, mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, diundang santap siang bersama Presiden Joko Widodo di Bogor pada Jumat (30/6). Namun, ia tidak ingin disambut secara terlalu resmi.

"Sesuai permintaan, Obama tidak ingin terlalu resmi, tapi kita tetap sesuai SOP pengamanan tamu negara,"ujar Komandan Kodim 0606/Kota Bogor, Letkol Inf Dodi Suhardiman, sebagaimana dilansir Antara, Jumat (30/6).

Dodi kemudian menjabarkan, pengamanan Obama tetap dipriortiaskan sesuai standar operasi tamu sangat-sangat penting (VVIP), tetapi tidak mencolok.
Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, pun memastikan tidak ada pengerahan pelajar untuk menyambut kedatangan Obama dan keluarganya di Istana Bogor.


"Tidak ada pengerahan pelajar, tapi kita fokus untuk kelancaran lalu lintas dan kebersihan kota," kata Bima.

Obama dijadwalkan tiba di Istana Bogor sekitar pukul 15.40 WIB setelah menempuh perjalanan dari Jakarta. Jokowi kemudian akan menjamu Keluarga Obama di Green Garden Cafe di Kebun Raya Bogor.
Setelah menghabiskan waktu di Bogor, Obama dijadwalkan menjadi pembicara dalam Kongres Diaspora ke-17 di Kota Kasablanka, Jakarta, pada Sabtu (1/7) sebelum kembali ke AS.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto menuturkan, pengamanan Obama di Jakarta masih sama seperti saat menjabat Presiden AS.

Polda Metro Jaya tetap berkoordinasi dengan pasukan pengawal presiden AS (secret service) dan tim gegana pun dipersiapkan untuk pengamanan Obama di Jakarta.