Obama Kembali ke Hotel, Kawasan Bundaran HI Ditutup Sementara

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Jumat, 30/06/2017 18:50 WIB
Obama Kembali ke Hotel, Kawasan Bundaran HI Ditutup Sementara Berdasarkan pantauan, Obama dan rombongan kembali ke penginapan sekitar pukul 17.15 WIB. Arus lalu lintas sekitar penginapan yang berada di kawasan Bundaran Hotel Indonesia sempat ditutup oleh aparat kepolisian. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia --
Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama telah kembali dari kunjungannya di Istana Kepresidenan Bogor ke Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Jumat (30/6) petang.
Berdasarkan pantauan, Obama dan rombongan kembali ke penginapan sekitar pukul 17.15 WIB. Arus lalu lintas sekitar penginapan yang berada di kawasan Bundaran Hotel Indonesia sempat ditutup oleh aparat kepolisian.
Obama dan rombongan terlihat langsung memasuki kawasan Hotel Mandarin. Ia dijadwalkan berada di sana hingga pukul 18.30 WIB sebelum menghadiri acara makan malam di kediaman bos Grup Emtek, Eddy Kusnadi Sariaatmadja.
Penutupan jalan saat Obama dan rombongan lewat disebut sesuai prosedur pengamanan tamu penting negara. "Itu sudah standarnya pengamanan VVIP. Makanya orang menyeberang saja tidak boleh saat rombongan lewat," ujar seorang polisi kepada CNNIndonesia.com.


Usai Obama tiba di penginapan ratusan polisi terlihat langsung menuju kediaman Eddy di kawasan Jalan Lumajang, Menteng. Sementara beberapa polisi lainnya terlihat masih berjaga di sekitar hotel yang ditempati 'Si Anak Menteng'.
Setelah menjalani agenda hari ini, Obama akan memberi pidato singkat dalam Kongres Diaspora ke-17 di Mal Kota Kasablanka, Sabtu (1/7) siang.


Sebelum ke ibu kota, Obama beserta anak dan istrinya telah berlibur di Bali dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Ia menghabiskan waktu di Bali sejak Jumat (23/6) sampai Rabu (28/6). Setelahnya, suami dari Michelle Robinson itu berada di Kota Pelajar sebelum melanjutkan perjalanan ke DKI Jakarta.