Kisah di Balik Pertemuan Jokowi-Obama di Bogor

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Jumat, 30/06/2017 20:18 WIB
Kisah di Balik Pertemuan Jokowi-Obama di Bogor Presiden Joko Widodo mengundang Obama hingga dua kali untuk berkunjung ke Istana Bogor. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kedatangan Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama ke Bogor ternyata atas permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepadanya berulang kali.

Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Mahmudin mengatakan, Jokowi dua kali mengundang Obama ke Istana.

Bey mengatakan, undangan pertama disampaikan saat Jokowi secara lisan ketika bertemu Obama di Washington, Amerika Serikat saat kunjungan kerja beberapa tahun lalu. Saat itu, Obama masih menjabat sebagai Presiden AS.


Undangan kedua kembali dilayangkan saat Obama sudah tak lagi menjabat dan Presiden AS resmi dipegang Donald Trump. Kali itu, undangan disampaikan tertulis.

"Minta ke Istana untuk minum teh karena tahu Obama bakal ke Indonesia," ujar Bey di Kompleks Istana Bogor, Jumat (30/6).


Sejak tak menjadi Presiden AS, Obama kerap berkeliling negara-negara lain untuk berlibur bersama keluarganya. Salah satunya Indonesia. Sejak 23 Juni, Obama kembali menjejakkan kakinya di Indonesia.

Obama pun memilih Bali sebagai tempat pertama yang dikunjungi. Selama enam hari, ia bersama Michelle dan kedua anaknya berpelesiran di Pulau Dewata. Setelah Bali, Obama dan keluarga kemudian melanjutkan liburannya ke Yogyakarta. Di sana, mereka berkunjung ke Candi Borobudur.


Hari ini, Obama mendarat di Jakarta. Agenda utama ia di Jakarta adalah menjadi pembicara utama dalam Kongres Diaspora di Kota Kasablanka besok. Namun sebelum itu, Obama sempat ke Bogor untuk memenuhi undangan Jokowi. (agi/agi)