Menhub Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Malam Ini

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Sabtu, 01/07/2017 19:31 WIB
Menhub Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Malam Ini Kendaraan para pemudik melintas jalur Pantura Cirebon, Jawa Barat, Jumat (30/6). (Antara Foto/Dedhez Anggara)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan puncak arus balik Idulfitri 1438 Hijriyah akan terjadi Sabtu (1/7) malam ini. Untuk menghindari kemacetan, ia mengimbau para pemudik, khususnya yang berasal dari Jawa Tengah untuk menunda keberangkatan hingga pukul 03.00 WIB dini hari.

"Pulangnya jangan sekarang, tunda nanti. Pulang dari Jawa Tengah nanti jam 3 pagi jadi sampai di Jakarta siang hari," tutur Budi di Gedung Cipta Kementerian Perhubungan, Sabtu (1/7).

Budi mengungkapkan, arus balik tahun ini relatif lebih terkendali mengingat masa libur lebaran yang lebih panjang dibandingkan tahun lalu.
Dengan masa libur yang panjang itu, sebagian pemudik memilih pulang lebih cepat atau sebaliknya. Bahkan, kata Budi, ada sebagian pemudik yang akan kembali ke Jakarta pada pekan depan mengingat masa libur sekolah baru berakhir pada 13 Juli 2017.


"Dengan penyebaran pola (kepulangan) pemudik, kami bisa melakukan manjemen yang lebih baik sehingga tidak ada suatu tekanan di satu waktu tertentu," ujarnya.

Terpisah, kepolisian sejak pukul 15.30 WIB telah memberlakukan contra flow satu arah di Jalan Tol Cipali dari KM 126 sampai dengan KM 83.
Langkah itu diambil untuk membantu memecahkan kepadatan lalu lintas di jalan tol Cipali arah Jakarta-Cikampek (Japek).

Dengan contra flow tersebut, maka jalur dari Japek menuju Cipali ditutup dan dialihkan melalui Gerbang Tol (GT) Cikopo dan GT Kalihurip.

Kedatangan lalu lintas di GT Cikarang Utama juga diprediksi berjalan lebih cepat. Untuk mengantisipasi itu, PT Jasa Marga telah menyiagakan 31 gardu operasi di GT Cikarang Utama.

Jasa Marga juga menyiapkan strategi cadangan. Jika masih terjadi kepadatan di GT Cikarang Utama, maka pengguna jalan akan dialihkan keluar melalui GT Cikarang Barat 2 dan masuk lagi ke Jalan Tol Japek melalui GT Cikarang Barat 4 dengan tarif yang sama.
Berdasarkan data operator jalan tol PT Lintas Marga Sedaya (LMS), volume lalu lintas di tol Cipali khususnya di Gerbang Tol (GT) Palimanan Utama ke Jakarta pada hari ini, dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB tercatat mencapai 23.090 unit kendaraan. Sementara mobil yang masuk GT Palimanan Utama arah Jakarta sebanyak 6.928 unit.