Puncak Arus Balik Stasiun Senen Diprediksi Malam Ini

Bimo Wiwoho, CNN Indonesia | Sabtu, 01/07/2017 22:01 WIB
Puncak Arus Balik Stasiun Senen Diprediksi Malam Ini Puncak arus di Stasiun Pasar Senen diprediksi akan terjadi Sabtu (1/7) malam ini. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jumlah pemudik yang kembali dari kampung halaman ke Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen pada hari ini, Sabtu (1/7) malam ini diprediksi meningkat malam ini dibanding hari kemarin, Jumat (30/6).

Berdasarkan pantauan dan data yang diterima CNNIndonesia.com, hari ini telah ada penumpang yang turun di Stasiun Pasar Senen sebanyak 25.369 orang hingga pukul 19.00 WIB.

Angka tersebut diprediksi bakal melampaui jumlah penumpang yang turun di Stasiun Pasar Senen pada hari Jumat(1/7) kemarin, yang mencapai 25.534 penumpang.


Senior Manager Humas KAI Daerah Operasi I, Suprapto mengatakan Jumlah penumpang yang akan turun di Stasiun Pasar Senen akan terus bertambah hingga malam nanti. Terlebih, masih banyak kendaraan yang terjebak macet di luar Jakartaz Suprapto mengatakan, rekap data per hari akan dilakukan terakhir pada pukul 00.00 WIB.


"Data masih bisa bertambah seiring masih ada waktu malam nanti," tutur Suprapto kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (1/7).

Suprapto lalu enggan memprediksi terlalu jauh perihal kenaikan jumlah penumpang. Dia memprediksi selisih jumlah penumpang hari ini dibanding kemarin tidak akan mencapai ribuan, tetapi hanya ratusan saja.

Suprapto berasumsi demikian karena para pemudik yang kembali ke Jakarta tidak hanya bisa turun di Stasiun Pasar Senen, tetapi juga di beberapa stasiun lain.


"Mereka kan juga bisa turun di stasiun- stasiun lain. Stasiun Jatinegara dan Stasiun Bekasi misalnya," kata Suprapto.

PT KAI juga sudah merilis data kedatangan penumpang yang akan tiba di Stasiun Pasar Senen pada Minggu (2/7) esok hari, yakni sekitar 24.433 penumpang. Bahkan hingga tanggal 9 Juli mendatang, Stasiun Pasar Senen bakal terus menerima kedatangan di atas 20 ribu penumpang. Jumlah itu didapat dari hasil penjualan tiket sementara ini.

Sementara itu, penumpang yang datang di Stasiun Gambir hari ini juga mengalami kenaikan dibanding hari kemarin.


Tercatat, ada 15.252 pemudik yang kembali ke Jakarta melalui Stasiun Gambir pada hari ini. Jumlah itu agak lebih besar dibanding kemarin dengan 15.166 penumpang.

Berdasarkan data penjualan tiket, besok hari diperkirakan bakal ada lebih dari 14.545 penumpang yang tiba di Stasiun Gambir. Hingga tanggal 5 Juli, Stasiun Gambir diprediksi akan terus menerima kedatangan di atas 10 ribu pemudik yang kembali ke Jakarta usai libur lebaran.