Cipali Padat, Petugas Alihkan Pengendara Menuju Subang

Hafizd Mukti, CNN Indonesia | Sabtu, 01/07/2017 23:29 WIB
Cipali Padat, Petugas Alihkan Pengendara Menuju Subang Kemacetan hingga puluhan kilometer tersebut disebabkan antrean masuk rest area KM 102 dan mobil pemudik yang diparkir di bahu jalan dan diprediksi puncak arus balik terjadi pada Sabtu (1/7). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww/17)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polres Subang, Jabar, melakukan pengalihan arus ke Jalur Pantura dan Jalur Tengah terkait padatnya lalu lintas jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta pada Sabtu (1/7).

"Pengalihan arus ini merupakan cara bertindak dalam mengurai kepadatan di jalan Tol Cipali selama arus balik lebaran," kata Kapolres Subang AKBP Yudhi Sulistianto Wahid, saat dihubungi dari Purwakarta.

Petugas gabungan mengalihkan kendaraan yang melaju dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta dengan mengarahkan pengendara keluar gerbang Tol Cilameri, Pagaden.


Setelah keluar gerbang tol itu, pemudik yang akan balik ke Jakarta dan sekitarnya bisa melintasi Jalur Pantura atau Jalur Tengah.

"Kendaraan yang dialihkan keluar gerbang Tol Cilameri itu kami larang melintasi perempatan Wesel Subang, sebab dikhawatirkan akan terjadi penumpukan kendaraan di titik itu," kata Yudhi.

Titik perempatan Wesel Subang dipredisksi terjadi penumpukan kendaraan karena terjadi pertemuan arus antara kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Cilameri Pagaden, dengan kendaraan dari arah Bandung serta kendaraan dari arah Cijelang-Cibogo.

Dalam pengalihan itu, petugas beberapa kali menyampaikan imbauan tentang kepadatan di tol Jakarta-Cikampek, sehingga pengendara disarankan keluar gerbang Tol Cipali di Subang, untuk kemudian melanjutkan perjalanan melintasi jalur tengah atau pantura.