Presiden Jokowi dan Keluarga Tiba di Turki

Rahman Indra, CNN Indonesia | Kamis, 06/07/2017 11:40 WIB
Presiden Jokowi dan Keluarga Tiba di Turki Dalam kunjungannya ke Turki dan Jerman kali ini, Jokowi selain didampingi menteri Kabinet Kerja, juga didampingi Ibu Negara Iriana, dan putranya Kaesang. (Foto: Biro Pers Setpres/ Laily Rachev)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah menempuh penerbangan selama hampir 14 jam dari Indonesia, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Bandar Udara Internasional Esenboga Havalimani Ankara, Turki pukul 19.30 waktu setempat (WS) pada Rabu (5/7), atau pukul 23.30 waktu Indonesia bagian barat.

Bey Machmudin, Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden dalam pernyataan yang diterima redaksi CNNIndonesia.com, pada Kamis (6/7) mengungkapkan Presiden dan Ibu Iriana disambut Duta Besar Indonesia untuk Turki, Wardana.

Keduanya turut disambut sejumlah pejabat Turki, di antaranya Deputi Perdana Menteri Nurettin Canikli, Duta Besar Turki untuk Indonesia Mehmet Kadri Şander Gürbüz dan Atase Pertahanan Kol. Laut (S) Yusliandi Ginting.


Usai berjabat tangan dengan para penyambut, Presiden dan Ibu Iriana berjalan melewati jajar kehormatan. Selanjutnya, Presiden dan Ibu Iriana beserta rombongan meninggalkan Bandar Udara Internasional Esenboga Havalimani, Ankara, menuju hotel tempatnya menginap selama berada di Ankara, Turki.


Turut menyertai Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan tersebut di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala BKPM Thomas Lembong, Plt. Kepala Sekretariat Presiden Winata Supriatna, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Andri Hadi, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dan Plt Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Ari Setiawan.

Sebelumnya, pesawat Kepresidenan Indonesia-1 bertolak menuju Turki, pada Rabu pagi pukul 07.20 WIB. Sebelum tiba di Turki, singgah di Banda Aceh dan transit di Bandar Udara Internasional Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab, untuk pengisian bahan bakar.

Presiden Jokowi dijadwalkan bertemu dengan Presiden Erdogan di Istana Kenegaraan Turki, pada Kamis (6/7) hari ini. Selain itu, Presiden juga akan mengunjungi Mausoleum Ataturk (Anitkabir) dan Masjid Kocatepe.

Seperti dilansir Detikcom, dalam kunjungan ke Turki kali ini, Presiden Jokowi tidak hanya didampingi Ibu Negara Iriana Widodo, dan sejumlah menteri Kabinet Kerja, tapi juga anggota keluarga inti Presiden lainnya, termasuk Kaesang, dan Gibran bersama istri dan putranya.

Kaesang seperti dikabarkan sebelumnya dilaporkan warga Bekasi bernama Muhammad Hidayat karena diduga menoda agama terkait kritiknya di media sosial dengan menyebut soal mengkafirkan orang lain. Putra Presiden Jokowi itu juga dilaporkan ke Polres Metro Bekasi karena diduga melecehkan golongan tertentu dengan menyebut kata ‘ndeso’ atau yang berarti kampungan.



Turki lalu Jerman

Kunjungan Presiden Jokowi ke Turki merupakan kunjungan balasan atas kunjungan Presiden Recep Tayyip Erdogan ke Jakarta pada 2015 lalu. Disebutkan, kunjungan ke Turki kali ini akan dimanfaatkan untuk meningkatkan hubungan kerjasama dalam berbagai bidang, antara lain ekonomi, industri strategis dan pemberantasan terorisme.

Dari Turki, Preisden Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Jerman untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Hamburg, Jerman pada 7-8 Juli.

Dikabarkan, di sela pertemuan G20, presiden juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pimpinan negara lainnya, termasuk presiden AS, Donald Trump.

Presiden beserta rombongan akan kembali tiba di Indonesia pada Minggu (9/7).