Operasi Tertib Trotoar Hari Pertama Jaring 240 Kendaraan

Filani Olyvia, CNN Indonesia | Rabu, 02/08/2017 13:03 WIB
Operasi Tertib Trotoar Hari Pertama Jaring 240 Kendaraan Operasi tertib trotoar tersebut dilakukan di titik-titik rawan yang ada di seluruh wilayah Jakarta. Mulai dari Sudirman-Thamrin, Kebon Sirih, MT Haryono, Jatibaru, Grogol, hingga Jalan Raya Bogor. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah mulai melakukan Operasi Bulan Tertib Trotoar, kemarin, Selasa (1/8). Dalam operasi hari pertama itu, sebanyak 240 kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, terjaring.

"Giat dalam rangka Bulan Tertib Trotoar ini dilakukan sejak pukul 06.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB. Total (kemarin) ada 240 kendaraan yang ditertibkan," ujar Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko melalui keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com pada Rabu (2/8).

Sigit mengatakan, kendaraan yang terjaring itu kemudian langsung ditindak. Sebanyak 52 kendaraan diderek, 49 kendaraan ditilang, dan 94 motor serta 45 mobil dicabut pentil bannya.


Adapun penertiban tersebut dilakukan di titik-titik rawan yang ada di seluruh wilayah Jakarta. Mulai dari kawasan Sudirman-Thamrin, Kebon Sirih, MT Haryono, Jatibaru, Grogol, hingga Jalan Raya Bogor. 

Lebih lanjut Sigit mengatakan Dishub DKI akan terus melakukan penertiban untuk memberikan penyadaran pada masyarakat.

"Karenanya untuk mendapatkan efek deteren (jera) yang baik akan konsisten dilakukan satu bulan ini," ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Bulan Tertib Trotoar sepanjang Agustus 2017. Program ini melibatkan aparat gabungan dari Satpol PP, Dishub, dan kepolisian.

Pelaksanaan operasi ini telah diatur dalam Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 99 Tahun 2017.