Wiranto Sebut Eropa Timur Rajin Melobi Perdagangan Indonesia

Patricia Saraswati , CNN Indonesia | Jumat, 11/08/2017 05:53 WIB
Wiranto Sebut Eropa Timur Rajin Melobi Perdagangan Indonesia Menko Polhukam Wiranto bertemu dengan Dubes Hongaria HE Judit Nemeth-Pach untuk membahas kerja sama alih teknologi. (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan, duta besar negara sahabat, khususnya negara-negara Eropa Timur rajin melakukan lobi dengan pemerintah dalam hal perdagangan.

Hal itu ia sampaikan usai menerima kunjungan Duta Besar Hongaria untuk Indonesia HE Judit Nemeth-Pach, Kamis (9/8).

"Mereka sangat rajin melakukan lobi-lobi dalam hal perdagangan, terutama rajin sekali memberikan informasi sepenuhnya apa yang bisa dikerjasamakan dengan kita," kata Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Wiranto menyampaikan, dalam pertemuan dengan Dubes Hongaria, kedua negara membahas masalah alih teknologi, terutama di bidang industri pertahanan.

"Kami bicara masalah teknologi, alih teknologi terutama industri pertahanan," ujar mantan Panglima ABRI itu.

Meski begitu, Wiranto enggan menjelaskan secara rinci soal penawaran yang diberikan oleh negara di Eropa Tengah itu kepada Indonesia.

Wiranto menyebut pembahasan masih sebatas pada pemberian informasi tentang kemampuan teknologi yang dimiliki Hongaria. Nantinya, kata Wiranto akan dilihat lagi apakah teknologi yang ditawarkan tersebut sesuai dengan kebutuhan Indonesia atau tidak.

"Kemampuan teknologi yang dia miliki yang bisa sinkron dengan kebudayaan Indonesia, biasa kok, enggak ada yang khusus," ucap Wiranto.