Mulai Tahun Depan Pensiunan PNS Dapat THR

Elisa Valenta, CNN Indonesia | Kamis, 17/08/2017 08:44 WIB
Mulai Tahun Depan Pensiunan PNS Dapat THR Ilustrasi pensiunan PNS. Tahun depan pemerintah berencana memberikan THR kepada pensiunan PNS, Polri, dan TNI. (stevepb/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah melalui Kementerian Keuangan berencana memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS), TNI dan Polri. Keinginan itu akan dimasukkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018.

"Insya Allah tahun depan pensiunan juga dapat THR. Gaji ke-13 dan THR," ujar Direktur Penyusunan APBN Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kunto W Widarto, di Gedung Ditjen Pajak, Jakarta, Rabu (16/8).

Pemerintah mengharapkan para pensiunan juga bisa menikmati Lebaran seperti masyarakat lainnya.
"Memang ya, meningkatkan kesejahteraan melalui THR, jadi kita tidak meningkatkannya melalui gapok tapi melalui THR, jadi mereka juga menikmati pada saat lebaran mendapat THR," jelasnya.


Di samping itu, pemerintah juga memutuskan tidak menaikkan gaji bagi para aparatur negara seperti kebijakan tahun ini. Kebijakan tersebut diganti dengan pemberian THR, selain gaji ke-14.

"Ya gaji memang tidak naik, sebenarnya kita kasih THR," terangnya.
Kebijakan ini mempertimbangkan beban negara atas pensiunan. Skema yang berlangsung hingga sekarang dikhawatirkan menambah beban ke depannya.

"Intinya kita ingin memperbaiki pensiun. Kalau sekarang kan antara orang kerja dengan pensiun selisihnya jauh sekali. Ini kita ingin memperbaiki, tapi masih proses, sedang dibahas, mau fully funded atau bagaimana," kata Kunto.

Agar tidak menjadi beban negara, seharusnya memang PNS dan pemerintah sama-sama memberikan iuran. Pengelolanya bisa melalui pihak ketiga. Namun ini masih terus dikaji.

"Jadi pemerintah tidak membayar seluruh pay as you go, tapi mengiur," pungkasnya.


ARTIKEL TERKAIT