Jokowi: Jangan Terbitkan Kebijakan yang Mengecewakan Rakyat

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 30/08/2017 04:02 WIB
Jokowi: Jangan Terbitkan Kebijakan yang Mengecewakan Rakyat Presiden Joko Widodo mengingatkan para menteri agar tidak mengeluarkan kebijakan yang mengecewakan rakyat. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo mengingatkan para menteri agar berhati-hati membuat kebijakan terutama pada tahun 2018, karena merupakan tahun politik.

Setiap kebijakan pemerintah, kata Jokowi, secara signifikan akan memberikan pengaruh kepada masyarakat.

"Saya harap menteri tidak menerbitkan kebijakan baru yang tidak diinginkan dan mengecewakan masyarakat," ujar Jokowi dalam sidang kabinet paripurna, Selasa (29/8).
Ia mengingatkan setiap menteri untuk tidak menerbitkan kebijakan baru tanpa perhitungan matang dan mendalam. Setiap aturan baru harus dikonsultasikan terlebih dahulu bersama masyarakat.


"Sekali lagi, kebijakan itu diarahkan kepada keberpihakan pemerintah kepada publik," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Program pemerintah yang selama ini berjalan baik, seperti Dana Desa, Program Keluarga Harapan, Kartu Indonesia Sehat, dan Kartu Indonesia Pintar harus ditingkatkan guna semakin tepat sasaran dan langsung menyentuh kebutuhan masyarakat.

Tahun 2018, Indonesia akan menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di beberapa daerah.

Selain itu, tahapan Pemilihan Presiden (Pilpres) juga dimulai meski Pilpres baru digelar 2019.