Djarot Komentari Ukuran Sapi Pemberian Jokowi untuk Jakarta

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Jumat, 01/09/2017 11:15 WIB
Djarot Komentari Ukuran Sapi Pemberian Jokowi untuk Jakarta Sapi yang disumbangkan oleh Presiden Jokowi dan Wapres JK untuk Masjid Istiqlal dalam Iduladha pada tahun ini. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat turut berkomentar atas seekor sapi yang masing-masing diberikan oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai bentuk sumbangan kurban Iduladha tahun ini.

Sapi pemberian Jokowi beratnya mencapai 1,5 ton dan berusia delapan tahun. Sedangkan sapi dari JK berusia tujuh tahun dengan berat mencapai 1,3 ton.


Sambil berkelakar, Djarot mengatakan kalau sapi berjenis Ongole yang habitat aslinya di India dan dibiakkan di Tuban, Jawa Timur, itu berukuran sangat besar, bahkan jauh melebihi besar badan Jokowi.


"Ya, (sapinya) gede banget. Pak Wapres sapinya gede, Pak Jokowi lebih gede lagi. Padahal Pak Jokowi kan kurus ya. Tapi sapinya gede," ujar Djarot saat bertemu wartawan di Balai Kota DKI Jakarta pada Jumat (1/9).


Saat ditanya wartawan, Djarot menjawab bahwa dirinya juga telah menyumbangkan empat ekor sapi yang disalurkan ke berbagai tempat, yakni ke kampung halamannya di Blitar, Jawa Timur, ke kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP di Tebet, ke sekolah anaknya, serta ke Jakarta Islamic Center (JIC).


Sapi Ongole pemberian Jokowi dan JK disumbangkan untuk Masjid Istiqlal Jakarta dengan amanat agar disebarkan kepada warga yang kurang mampu di sekitarnya.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh JK dengan menyerahkan tali tambang putih kepada Direktur Jenderal Bina Masyarakat Islam Kementerian Agama, Muhammadiyah Amin, di Masjid Istiqlal seusai salat Iduladha pagi tadi.